Warning: Error while sending QUERY packet. PID=950867 in /home/shantyst/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 1944

Perawatan Kecantikan Rutin untuk Emak Malas Dandan

Apa iya kita harus selalu rutin ke klinik kecantikan untuk merawat tubuh? Seperti saya sudah ceritakan dalam postingan sebelumnya: Bagaimana Cara Memilih Klinik Kecantikan yang cocok? Sebuah Pengalaman Emak Malas Dandan, kalau itu tergantung dari kondisi keuangan, waktu yang tersedia dan permasalahan kulit. Selain itu bisa saja sih karena memang hobi merawat tubuh. Ini sebuah hobi yang sangat mulia teman-teman. Karena itu tandanya kita menyukuri tubuh yang diberikan oleh Tuhan ini.

Saya memiliki teman-teman yang wajahnya kinclong-kinclong. Ternyata mereka ini ada yang rutin merawat kecantikan ke klinik ada juga yang tidak. Hasilnya bisa sama loh. Tapi memang ada yang selalu dilakukan oleh teman-teman yang tetap bisa cantik walau tidak rutin ke salon. Mereka rajin melakukan perawatan kecantikan yang rutin di rumah.

Apa cantik itu harus selalu pakai mahal? Apa harus selalu karena masih muda?

Salah satu tetangga saya usianya menjelang 50-an. Beliau selalu tampil dengan make up tipis dan rapi dalam setiap kesempatan. Apakah itu saat ia pergi bekerja sebagai perias atau sekedar ke pengajian di kompleks. Kulitnya terlihat sehat dan bersih. Kepo dong saya pengen tahu perawatannya seperti apa. Ternyata beliau memang punya kebiasaan selalu membersihkan muka sebelum tidur sejak muda.

Ada juga beberapa ibu guru di sekolah anak saya. Umurnya saya taksir di 30-an. Tapi Masya Allah, itu mukanya kinclong halus tanpa pori dan segar. Sehatnya kulit mereka bisa terlihat ketika bertemu saat baru berwudhu. Menurut saya pribadi, indikator kulit sehat itu terlihat saat polos setelah berwudhu. Kelihatan aslinya dengan tanpa topeng bedak. Mereka ini juga mengaku tidak memiliki perawatan khusus yang mahal-mahal loh. Wah, saya pengen juga seperti itu.

Dari pengalaman mereka, saya kumpulkan kertas contekan untuk bisa melakukan perawatan rutin di rumah. Kebetulan saya dapat 1 paket lengkap goody bag perawatan dasar dari Marcks’ Venus yang bisa di jajal. Lumayan lengkap mulai dari produk personal care (bodymilk Ekstrak Green Tea), produk skin care (Aqua Facial wash – sabun, Aqua Cool Milk – susu pembersih, dan Aqua Cool Face Toner – penyegar), hingga 3 jenis bedak (Venus Compact Powder, Venus Loose Powder dan Venus Two Way Cake). Cukup lah buat modal sebagai pemula.

Goodybag Marck' Venus yang dikemas cantik
Goodybag Marck’ Venus yang dikemas cantik

 

#1 Membersihkan muka sebelum tidur

Kata tetangga saya yang kinclong di usianya yang hampir 1/2 abad, hal yang wajib dilakukan adalah dengan mengharamkan diri tidur dengan wajah kotor. Bersihkannya juga harus benar. Bukan asal basuh muka pakai air atau sabun saja. Tapi harus benar-benar pakai susu pembersih. Kemudian dibersihkan dengan kapas atau tissue untuk mengangkat kotoran. Setelah itu dicuci pakai sabun yang lembut. Terakhir tepuk-tepuk pakai air penyegar.

Selama beberapa waktu saya coba pakai paket dari Marcks’ Venus rasanya segar banget. Bisa jadi karena bahannya yang ringan dan alami kali ya. Teman-teman bisa langsung meluncur ke website Marcks’ Venus jika ingin info detil mengenai produk ini.

Aqua Facial Wash-nya Marcks' Venus yang ringan dan terasa bersih menyegarkan
Aqua Facial Wash-nya Marcks’ Venus yang ringan dan terasa bersih menyegarkan

#2 Scrub wajah seminggu sekali

Ini juga katanya penting banget untuk mengangkat kulit mati. Kulit terasa lebih lembut setelah di scrub. Yang budug-budugnya pada keangkat dan kotoran yang menyumbat bisa terbuang. Nggak usah terlalu sering sih katanya. Cukup 1 minggu sekali.

 

#3 Pakai pelembab kulit

Saya sih sering lupa pakai body lotion. Tapi pas coba yang punyanya Marcks Venus ini, kok rasanya enak ya. Segar dan tidak lengket. Lagi-lagi mungkin karena kandungannya yang ringan. Dipikir-pikir ya, memakai body lotion itu sebenarnya bukan sekedar mengoleskan krim ke kulit, tapi juga sekaligus memijit kulit untuk melancarkan peredaran darah. Bisa jadi itu yang membuat kulit terasa enak.

 

#4 Banyak minum air putih

Apakah teman-teman banyak minum air putih? Saya pernah dengan rajinnya mencatat berapa banyak air minum yang saya minum dalam 1 hari. Ternyata hanya mampu di sekitar 5 gelas sehari. Pantas saja kulitku tidak kinclong. Menurut dr. Oz Mehmet asupan air kita tidak harus selalu dari air mineral, tapi temasuk juga kandungan air dalam sayuran dan buah-buahan.

 

#5 Banyak makan pepaya

Ini ajarannya tetangga saya yang kebetulan berprofesi sebagai dokter dan kulitnya kinclong abis. Makan pepaya tiap hari dan pastikan BAB teratur. Metabolisme tubuh yang lancar itu sangat mempengaruhi kualitas kulit kata beliau. Berhubung yang ngomong cantik dan dokter, tentu saya percaya.

Buah murah meriah yang bagus buat kulit
Buah murah meriah yang bagus buat kulit

#6 Banyak tertawa dan berpikir positif

Sosmed itu diciptakan mestinya untuk bikin kita tertawa. Kalau baca sosmed dan bikin hati mangkel, nah kayanya ada yang salah. Apalagi kita jadi betah di sana berjam-jam. Wah itu bisa jadi memiliki kontribusi yang signifikan terhadap kecantikan kulit. Don’t sweet small stuff katanya. Marilah kita nikmati saja karunia yang masih Tuhan titipkan saat ini. Mumpung masih bisa. Bukan tidak mungkin apa yang ada saat ini dicabut dengan tiba-tiba.

 

#7 Berdoa semoga diberi kulit sehat seperti Laudya Cyntia Bella atau Raisa

Belum lama ini di salah satu group yang saya ikuti memposting foto Laudya Cyntia Bella dengan dilengkapi tulisan: Bagaimana caranya bisa punya kulit seperti itu tanpa biaya mahal? Mimpi sejuta umat kali ya. Dan benar saja, komentarnya mencapai 500-an sekedar untuk memberi saran mulai dari pakai aplikasi kamera sampai berdoa. Iya lah, berdoa. Emang dipikir siapa yang Maha Berkuasa atas segala sesuatu? Setelah usaha maksimal, tentunya kita perlu merelakskan pikiran dengan mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Saya sih percaya banget, ini termasuk kunci memiliki penampilan yang menarik.

 

Demikian 7 contekan hasil mengintrogasi ke orang-orang terdekat. Cuma ya, mereka melakukan hal di atas bukan satu dua minggu ke belakang. Tapi sudah bertahun-tahun dan menjadi kebiasaan. Nah ini yang ingin saya tiru. Minimal 3 bulan lah biar terlihat hasilnya. Doakan saya istiqomah untuk melakukannya. Semoga pas tahun baru sudah rada kinclongan dikit. Ha…ha…

Target akhir tahun 2017: Kulit sehat terawat!
Target akhir tahun 2017: Kulit sehat terawat!

Shanty Dewi Arifin

Penulis yang suka berbagi Pengalaman dan Oleh-oleh dalam rangka belajar menjadi perempuan yang lebih baik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakatnya. Bergabung dengan komunitas: Blogger - Institut Ibu Profesional Bandung - Arsitektur ITB 93 - IATSS Forum 2003 - Akademi Menulis 5 Menara - #ODOPfor99days.

One thought on “Perawatan Kecantikan Rutin untuk Emak Malas Dandan

Leave a Reply

%d bloggers like this: