Hidup bagai berjalan di atas Jembatan Shiratal Mustaqim

Pernah nonton film The Walk? Film ini tentang pengalaman nyata Philippe Petit, orang Prancis yang punya hobi jalan di atas kabel di ketinggian. Di tahun 1974, ia melakukan aksi berjalan di 2 tower gedung World Trade Center New York. Ngilu juga melihatnya bolak-balik jalan selama 45 menit di ketinggian 400 meter dari muka tanah.

Keseimbangan Petit memang sangat luar biasa. Hanya dengan dibantu oleh besi penyeimbang, ia tampak ringan saja berjalan di atas seutas kabel tipis. Begitu rileks dan tenang sehingga ia sempat bisa sambil duduk-duduk bahkan tiduran dan melihat keindahan pemandangan di bawahnya. Tapi tidak juga angkuh dan sombong. Ia begitu fokus dan menikmati keadaan itu. Tujuannya bukan sekedar sampai di ujung menara yang satu, tapi menikmati keadaan. Buat saya, its so spiritual moment…

Keseimbangan adalah hal yang sangat kita butuhkan dalam hidup ini. Tanpa sadar kita sering terlalu ke kiri, atau terlalu ke kanan. Atau bahkan mungkin tersesat begitu jauh karena terjatuh. Begitu banyak godaan yang mengganggu fokus kita. Ada loncatan pikiran yang tiba-tiba menarik kita ke kanan, ke kiri, menarik terlalu cepat ke depan, atau menahan laju kita untuk melambat. Hidup ini benar-benar menguji keseimbangan kita.

Terkadang yang membuat kita mudah terganggu adalah karena hilangnya fokus. Fokus yang terlalu jauh membuat kita kabur melihatnya. Tidak ada fokus bahkan lebih parah lagi. Berusaha seimbang dalam hidup bukanlah hal yang mudah.

Untuk itulah kita perlu sholat 5x sehari semalam. Berulang kali memohon petunjuk dari Yang Di Atas dan mengingat bahwa setiap kita pasti akan mati dan terkubur di bawah tanah. Sebelum semuanya terlambat dan kita harus berjalan di atas jembatan shiratal mustaqim pada hari perhitungan.

Sebagai manusia yang sangat unik, saya kira setiap orang akan menemukan caranya masing-masing untuk menjalani hidup ini dengan seimbang. Ketika cerita sukses orang lain tidak bisa kita pratekkan dalam hidup kita, bisa jadi karena kasusnya berbeda dengan kondisi kita. Jadi, mari kita buat cerita kita sendiri. Dan biarkan cerita unik kita – yang mungkin aneh, memalukan, atau bisa jadi biasa saja – membantu kita fokus dalam menjalani hidup ini.

Its all about balancing your life…

QS Al A'raf 7: 16-17
QS Al A’raf 7: 16-17

#RamadhanInspiratif

#Challenge

#Aksara

#Day4

Shanty Dewi Arifin

Penulis yang suka berbagi Pengalaman dan Oleh-oleh dalam rangka belajar menjadi perempuan yang lebih baik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakatnya. Bergabung dengan komunitas: Blogger - Institut Ibu Profesional Bandung - Arsitektur ITB 93 - IATSS Forum 2003 - Akademi Menulis 5 Menara - #ODOPfor99days.

Leave a Reply

%d bloggers like this: