Tips memasak dari Chef Nchank di Nova Inspiring Day Bandung 2017

Setelah selama 1 jam lebih para peserta Nova Inspiring Day diisi kepalanya dengan materi dari psikolog Irma Gustiani Andriani dan dr. Johanes Chandra, tibalah saatnya seorang chef papan atas mengisi perut yang mulai keroncongan. Pukul 11.00 siang, Chef Nchank Tambareng memulai demo Masakan Praktis 15 Menit Lezat dan Bergizi.

Ada 3 masakan yang didemokan oleh chef lulusan perhotelan Trisakti 1983 ini. Pertama ‘Nasi Goreng’ Butter Rice with Spicy Dory Fritter, Chicken Green Curry (Kari Ayam dengan cabe dan tomat hijau), dan Spaghetti Ayam Belachan (Spaghetti dengan saus sambal terasi). Serius loh, masaknya bener-bener 15 menitan, dengan catatan semua bahan sudah siap.

Saya pada dasarnya tidak suka dan tidak bisa masak. Bahkan ini pertama kali lihat demo masak secara langsung. Saya benar-benar dibuat terpesona melihat bagaimana seorang chef memasak. Cara memegang pisau dan memotong sereh aja enak banget lihatnya. Kaya yang gampang gitu ya. Apalagi sebelum acara saya sempat berkenalan dengan teman baru dari komunitas orang-orang yang hobi memasak. Ia cerita tentang serunya datang dari satu demo masak ke demo masak yang lain. Karena ada banyak tips dan trik yang disampaikan dan biasanya tidak ada di buku. Masakan lebih banyak jadinya kalau kita melihat demo langsung daripada sekedar baca buku masak.

Chef Nchank di Nova Inspiring Day Bandung 2017
Chef Nchank di Nova Inspiring Day Bandung 2017

Tips memasak dari Chef Nchank

Sambil memasak di panggung yang di sorot oleh kamera, Chef Ncank yang juga penulis buku masak Betawi Punya Rase (Kriya Pustaka, 2014) dan Buku Masakan Selama Sebulan, berbagi sejumlah tips memasak dan menjawab pertanyaan peserta.

 

#Tips1 Mengenai Bawang

Ada peserta yang bertanya mengenai bawang putih. Apakah bawang putih lebih baik dihaluskan, diiris atau digeprek? Menurut Chef yang sempat bekerja di Hotel Grand Mahakam Jakarta ini, bawang putih itu yang diambil getahnya. Jadi sebenarnya tidak terlalu ada bedanya mau dihaluskan, diiris, atau digeprek. Yang penting di masaknya hingga wanginya keluar dan tidak sampai gosong. Dan jangan lupa, bahwa perbandingan antara bawang merah dan bawang putih adalah 2:1. Kalau 1:1, aroma bawang merahnya kalah.

Saat Chef Nchank menggoreng bawang putih, itu wanginya tercium jelas dari tempat saya duduk yang jaraknya sekitar 3 meteran dari panggung. Perasaan kalau di rumah, susah payah saya berusaha menghirup wangi gorengan bawang. Bisa jadi mungkin karena apinya kebesaran atau jumlahnya yang kurang.

 

#Tips 2 Mengenai Lada

Chef Nchank mengatakan bumbu andalannya adalah lada hitam. Semua masakan luar negeri menggunakan lada hitam dan bukan lada putih. Selain memperkuat rasa, lada hitam ternyata sangat bagus untuk meningkatkan stamina. Lada hitam itu sebenarnya lada putih yang belum di kupas.

Pulang dari acara ini, saya langsung beli lada hitam.

 

#Tips 3 Mentega dan Saus

Memasukan mentega dalam masakan sebaiknya di tengah masakan. Jika di awal akan lengket. Kebalikan dengan saus-sausan yang kental seperti kecap atau saus tiram yang lebih bagus jika dimasukkan di awal. Wanginya akan lebih keluar. Dan dicontohkan oleh Chef Nchank bagaimana memasukkan kecap di bagian pinggir penggorengan. Bukan langsung di atas masakan.

Ngaruh ya ternyata hal seperti ini.

 

#Tips 4 Penggunaan laddle

Untuk memasak banyak seperti nasi goreng dalam kuali, gunakan laddle dan bukannya spatula agar masakan dan bumbu lebih mudah merata.

Laddle (kiri) dan Spatula (kanan)
Laddle (kiri) dan Spatula (kanan)

 

#Tips 5 Wijen

Wijen bisa memberikan cita rasa saat ditaburkan dalam makanan. Wijen ini juga bagus untuk kesehatan kulit dan pencernaan. Bahkan Chef Nchank menyarankan ibu-ibu yang tengah menyusui bisa mencoba ngemil wijen untuk memperbanyak produksi ASI. Jadi kira-kira punya manfaat yang sama dengan daun katuk yang terkadang sulit di dapat.

 

#Tips 6 Surawung atau kemangi untuk menggantikan daun basil

 

#Tips 7 Blanch atau balansir sayuran

Untuk mendapatkan warna sayuran yang segar dan awet, sayuran bisa di blanch atau balansir. Caranya dengan memasukkan sayuran yang telah dibersihkan ke dalam air mendidih. Hitung sampai 5 lalu masukkan ke dalam air es untuk menghentikan proses memasak. Baru setelah itu di simpan di kulkas. Maka sayuran akan tetap berwarna segar saat di masak.

 

#Tips 8 Pengganti Cuka dan Santan

Cuka bisa digantikan dengan tomat hijau atau belimbing wuluh. Sedangkan santan bisa diganti dengan susu atau yogurt. Santan atau penggantinya ini dimasukkan setelah makanan matang.

 

#Tips 9 Kebersihan dan penyimpanan

Pastikan semua bahan makanan yang masuk ke kulkas selalu sudah bersih. Sering-seringlah membersihkan kulkas. Usahakan menyimpan bahan makanan hanya untuk satu kali memasak. Jika terpaksa ada sisa, jangan malas untuk mengganti tempat penyimpanannya dengan yang baru.

Chef Nchank juga memberikan tips untuk segera mencuci alat memasak teflon saat lagi panas. Jadi lemaknya cepat terangkat. Menyimpan teflon hingga dingin malah akan merusak lapisannya karena harus dibersihkan dengan cara keras. Demikian juga dengan pisau. Pisau setelah dipakai harus langsung dicuci dan dikeringkan. Pisau yang disimpan kotor akan membuat pisau susah dibersihkan dan ketajamannya berkurang.

D Cinnamons dalam acar Nova Inspiring Day Bandung 2017
D Cinnamons dalam acar Nova Inspiring Day Bandung 2017

Demikianlah #9 tips keren dari Chef Nchank yang sangat bermanfaat buat saya yang newbie banget soal masak memasak. Tidak terasa, seluruh masakan matang dengan sempurna dan siap dibagikan kepada seluruh peserta dalam bentuk cup-cup kecil. Saya sendiri kebagian mencicipi Chicken Green Curry. Acara sudah 2 minggu berlalu saat saya menulis ini, tapi rasa nikmatnya Chicken Green Curry masih kebayang-bayang dan membuat ngeces. Enak banget … dimasakin chef.

Sambil mencicipi 3 sajian, peserta dihibur dengan lagu-lagu merdu dari D’Cinnamons. Tidak malu-malu, sejumlah ibu-ibu maju untuk duduk di depan panggung sambil ikut mendendangkan lagu Kisah-Kasih di Sekolah dan beberapa lagu nostalgia lain yang cocok dengan selera emak-emak.

Nova Inspiring Day Bandung 2017
Emak-emak mau nyanyi dulu ya…

Nova Inspiring Day merupakan rangkain acara dalam ulang tahun Tabloid Nova yang ke-29 tahun. Kota pertama yang mendapat kesempatan ini adalah Surabaya pada Oktober 2016, dan Bandung mendapat jatah kedua. Selanjutnya Jakarta direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Maret 2017. Ratih Sukma Pertiwi selaku Managing Director Nova menyampaikan dalam sambutannya di awal acara, bahwa harapannya 3 materi yang disampaikan dapat memberikan inspirasi bagi para wanita Indonesia untuk menerapkan ilmunya yang disampaikan hari ini dalam keluarganya.

Terima kasih Nova! Semoga bertemu kembali dalam acara-acara keren lainnya.

Shanty Dewi Arifin

Penulis yang suka berbagi Pengalaman dan Oleh-oleh dalam rangka belajar menjadi perempuan yang lebih baik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakatnya. Bergabung dengan komunitas: Blogger - Institut Ibu Profesional Bandung - Arsitektur ITB 93 - IATSS Forum 2003 - Akademi Menulis 5 Menara - #ODOPfor99days.

Leave a Reply

%d bloggers like this: