Mahir Grafis Desain Berkat Canva

Apa teman-teman suka kagum dengan flyer-flyer cantik yang beredar di sosial media? Kesemsem dengan feature image di blog atau layout buku dan majalah yang lucu-lucu? Saya juga. Kagum deh melihat hasil karya desainer graphis yang keren-keren itu. Konon katanya menggunakan software-software canggih yang aslinya seharga ratusan dollar seperti Adobe in Design, Corel, Illustrator, dan sepupu-sepupunya. Setelah akhirnya bisa menginstal software-software canggih itu, masalah belum selesai. Menggunakannya perlu keahlian, selain tentunya punya selera desain yang bagus. Ok, that’s it! Sebagai arsitek murtad, saya sih lambai bendera putih untuk menggunakan software ini.

Hingga suatu saat di awal tahun 2016, seorang teman blogger mengenalkan yang namanya Canva. Ini benar-benar tongkat ajaib untuk menciptakan desain graphis yang menawan. Diperkenalkan pertama kali di Autralia pada 1 Januari 2012, Canva berhasil memikat banyak orang sebagai website desainer graphis yang menyediakan seabrek-abrek layout gratisan.

 

Apa yang bisa dibuat dengan Canva?

Di Canva.com, setelah mendaftar teman-teman bisa memilih sejumlah layout desain yang keren-keren.

  • Postingan untuk sosial media: Twitter Post, Social Media, Pinterest Graphic, Facebook Post, Facebook App, Tumblr Graphic, Instagram Post, Linkedin Post Header.
  • Dokumen: untuk ukuran US Letter, Letterhead (A4), Presentasi, Surat, Majalah, Sertifikat, Resume, Newsletter, Kalender.
  • Blogging & eBook: e-book (cover dan layout), Desktop Wallpaper, Kindle Cover, Blog Title, Blog Graphic, Album Cover, Infographic.
  • Marketing Materials: Ral Estate Flyer, Poster, Food & Drink Menu, Kartu nama, Flyer, Brosur, Voucher, Logo.
  • Social Media & Email Headers: Facebook Event Cover, YouTube Thumbnail, Tumblr Banner, YouTube Channel Art, Twitter Header, Google+ Photo, Etsy Cover Photo, Etsy Shop Icon, Email Header, Facebook Cover,
  • Event: Postcard, Undangan, Kartu Ucapan, Album Photo, Pengumuman
  • Iklan: tersedia dalam berbagai ukuran.

Masing-masing kategori diatas menyediakan layout cantik yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan kita. Tips dari saya, sediakan waktu untuk menjelajah setiap layout dan mensave layout-layout yang menurutmu menarik. Karena ribet lagi kalau kita harus cari-cari di antara sejumlah layout yang tersedia.

Kalau masih belum puas juga, teman-teman bisa bikin desain dengan ukuran custom. Ada banyak layout standar yang bisa dipilih untuk di utak-atik.

Sekali lagi ya, ini semua tersedia dengan free! Memang ada versi berbayarnya, jika ingin fasilitas lebih seperti bisa mengubah ukuran desain standar, bisa punya folder desain lebih dari 2, dan bisa membuat template dan logo perusahaan sendiri. Tapi sejauh ini, saya masih menikmati versi gratisannya saja. Bebas mau buat sebanyak-banyaknya. Semoga Tuhan memberkati pencipta Canva ini.

Kalau perlu berbayar juga, harganya tidak terlalu mahal kok. Hanya sekitar 13 dollar per bulan. Kita sebenarnya bisa mencoba gratis 1 bulan dulu. Jadi kalau dirasa tidak perlu-perlu amat, ya tidak perlu diteruskan untuk membayar.

 

Fasilitas keren Canva

Canva menyediakan template kosong dimana teman-teman bisa:

  • Memilih beragam layout
  • Menambahkan elemen seperti foto (tersedia sejumlah foto cantik gratisan yang bisa di upload), grids, frames, shapes, lines, illustrations, icons, charts.
  • Memberikan tulisan
  • Memberikan background
  • Hingga mengupload foto pribadi

 

Designschool Canva

Kalau masih bingung-bingung juga atau malah karena rajin, teman-teman bisa belajar di sekolah desainnya Canva. Kurang sholeh apa coba creatornya. Niat banget dah mau bantu para dummies graphic designer seperti kita (yang sudah mahir mungkin tidak perlu lagi pakai canva).

Di designschool ini ada sejumlah tutorial dan workshop mengenai desain yang bisa kita ikuti. Jadi kalau mau belajar desain karena belum puas dengan template yang tersedia, disinilah tempatnya. Kita bisa belajar tentang prinsip desain, warna, bentuk, dan sejenisnya.

Dalam menu tools tersedia juga perangkat yang bisa memperkaya desainmu. Ada yang namanya color pallete jika kamu punya foto tapi bingung dengan warna yang sesuai untuk dipadu-padankan. Jadi tinggal upload fotonya, nanti akan keluar 5 warna yang bisa dipakai dalam desain. Ada juga tools untuk padu padan huruf dan photo editing. Dengan info ini, desain kita menjadi lebih manis, karena huruf atau warnanya nggak nabrak-nabrak nggak keruan.

 

3 Langkah Mudah Menggunakan Canva

#1 Tentukan desain yang ingin dibuat

Misalnya ingin membuat flyer sebuah acara dengan ukuran tertentu. Teman-teman bisa memilih flyer di bagian Marketing Materials. Tersedia sejumlah template flyer dalam ukuran standar 7inx5in dan poster. Kalau butuh flyer ukuran kotak segi empat bisa juga melihat koleksi invitation ukuran 14x14cm atau Instagram post ukuran 1080x1080px. Pilihlah yang paling mendekati kebutuhan kita.

Saran saya, jika punya waktu lebih, sediakan waktu untuk menjelajah Canva, dan mensave template yang menarik perhatianmu. Jadi saat dibutuhkan tidak repot lagi.

Jika tidak ada ukuran yang sesuai, bisa use costom dimensions.

 

#2 Sesuaikan desain dengan kebutuhan kita

Tidak perlu terlalu khawatir untuk memilih desain yang tidak free atau ada tanda dollarnya. Biasanya yang dikunci hanya fotonya. Jadi jika fotonya diganti dengan foto kita sendiri, templatenya tetap dapat digunakan.

Gantilah kata-katanya, ukuran huruf, atau warna dan tata letaknya.

 

#3 Save desain dan download

Jika desain sudah jadi dan telah di save, tibalah saat didownload atau dicetak. Tersedia download dalam pilihan jpg, png, pdf standard dan pdf print. Kita juga bisa memilih hanya download 1 halaman tertentu atau beberapa halaman sekaligus.

Demikianlah, desain kita bisa langsung ditayangkan atau dicetak.

 

Contoh Desain dengan Canva

Berikut beberapa desain yang saya hasilkan dengan menggunakan Canva:

Oleh-oleh buat Dee Lestari dari #ODOPfor99days

 

Shanty's Jurnal
Shanty’s Jurnal

 

Testimoni Kelas Matrikulasi IIP
Testimoni Kelas Matrikulasi IIP

 

Sudah siap ber-Canva ria? Dijamin bakal ketagihan. Canva is a website you must put in your bookmark browser!

 

 

Sumber:

https://www.canva.com/

https://designschool.canva.com/

https://en.wikipedia.org/wiki/Canva

Shanty Dewi Arifin

Penulis yang suka berbagi Pengalaman dan Oleh-oleh dalam rangka belajar menjadi perempuan yang lebih baik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakatnya. Bergabung dengan komunitas: Blogger - Institut Ibu Profesional Bandung - Arsitektur ITB 93 - IATSS Forum 2003 - Akademi Menulis 5 Menara - #ODOPfor99days.

Leave a Reply

%d bloggers like this: