Pencapaian, Evaluasi dan Rencana #ODOPfor99days 2017

Alhamdulillah masih diberikan kesempatan menikmati kalender baru tahun 2017. Tahun yang baru biasanya dijadikan momen untuk kita melakukan evaluasi dari kegiatan sebelumnya dan berdasarkan evaluasi itu, dibuatlah rencana untuk tahun berikutnya. Yang sering kita salah adalah karena langsung menetapkan resolusi untuk tahun berikutnya tanpa memperhatikan kendala-kendala yang kita hadapi sebelumnya. Alhasil, kita akan mengulang-ulang resolusi yang sama dari tahun ke tahun.

Ini seperti urusan saya dengan berat badan. Masa resolusi soal berat badan masih sama saja dalam 10 tahun terakhir. Ah sudahlah, saya sepertinya memang belum niat. Terlalu lemah iman kalau soal ini. Tapi kalau urusan yang saya niat melakukannya seperti target menulis, bisa berbeda ceritanya.

 

Pencapaian di #ODOPfor99days 2016

  1. Sukses berlatih menulis rutin bersama teman-teman selama 1 tahun dengan menghasilkan lebih dari 150 postingan. Bahkan setiap hari dalam 33 hari terakhir.
  2. Mendapatkan ilmu menulis dari sejumlah penulis berpengalaman yang dirangkum dalam tulisan Kaleidoskop Ilmu Menulis 2016 Shanty’s Story
  3. Menuliskan sejumlah tulisan viral yang dirangkum dalam tulisan Kaleidoskop Tulisan Viral 2016 Shanty’s Story
  4. Mengikuti sejumlah lomba yang dirangkum dalam tulisan Kaleidoskop Lomba 2016 Shanty’s Story
  5. Menuliskan sejumlah pengalaman yang dirangkum dalam tulisan Kaleidoskop Pengalaman 2016 Shanty’s Story
  6. Menuliskan sejumlah review buku yang dirangkum dalam tulisan Kaleidoskop Review Buku 2016 Shanty’s Story
  7. Menuliskan sejumlah Oleh-oleh dari seminar parenting, public speaking, dan lainnya
  8. Menambah jaringan pertemanan di komunitas blogger
  9. Memiliki blog dot com

Kok bisa Shan? Kok nggak dari dulu?

Karena tahun 2016 saya punya teman-teman yang keren di #ODOPfor99days. Menurut saya peran teman sangat mempengaruhi keberhasilan mencapai suatu target. Selain itu, ya memang rasanya sudah waktunya saja. Anak-anak sudah sekolah dan saya mulai punya untuk menekuni hobi sendirian. Its me time!

Evaluasi #ODOPfor99days 2016

Yang masih gagal adalah:

  • Menjadikan menulis sebagai kebutuhan yang rutin untuk dilakukan. Sejauh ini menulis masih terasa sebagai kewajiban yang harus ditunaikan. Cuti menulis terlama yang pernah dilakukan mencapai 3 minggu.
  • Mengikuti 1 lomba setidaknya sebulan sekali. Masih sulit dilakukan karena keterbatasan waktu untuk menyiapkan materi lomba.
  • Membuat e-book mengenai kumpulan materi parenting. Bukan apa-apa, sekedar belum sempat saja.
List #ODOPfor99days 2016 Shanty
List #ODOPfor99days 2016 Shanty

Rencana #ODOPfor99days 2017

Dari evaluasi di atas, berikut rencana untuk tahun 2017

  • Memiliki jam kerja menulis minimal 1 jam setiap hari. Lumayan lah buat sekedar sapu-sapu blog dan menjaganya dari sarang laba-laba
  • Memiliki blog review buku dan menulis review buku rutin setiap 2 minggu sekali
  • Berlatih menulis dengan tujuan membuat artikel untuk media nasional baik cetak maupun online

Untuk jam kerja 1 jam/hari saya pikir saya belum mampu untuk target yang terlalu muluk-muluk. Mudah-mudahan bisa tercapai dalam 3 caturwulan di tahun 2017. Bismillahirrahmannirrahim…

Shanty Dewi Arifin

Penulis yang suka berbagi Pengalaman dan Oleh-oleh dalam rangka belajar menjadi perempuan yang lebih baik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakatnya. Bergabung dengan komunitas: Blogger - Institut Ibu Profesional Bandung - Arsitektur ITB 93 - IATSS Forum 2003 - Akademi Menulis 5 Menara - #ODOPfor99days.

Leave a Reply

%d bloggers like this: