Kaleidoskop Pengalaman 2016 Shanty’s Story

Salah satu hal yang membuat tertarik menjelajah ke blog orang lain adalah untuk mengetahui pengalaman-pengalaman mereka. Bagi saya, pengalaman orang lain bisa menjadi pelajaran yang penting. Kita bisa belajar dari pengalaman orang lain untuk bisa menghemat waktu dari melakukan kesalahan yang sama.

Di tahun 2016 ini saya menuliskan sejumlah pengalaman yang sayang bila hanya dibiarkan bulukan dalam diary. Siapa tahu pengalaman saya bisa bermanfaat buat orang lain. Berikut catatan yang saya kelompokkan ke dalam 10 pengalaman:

#1 Pengalaman Rumah

Sebagai ibu rumah tangga yang pernah jadi arsitek, semestinya saya bisa menulis lebih banyak pengalaman yang berhubungan dengan menata rumah. Namun apa daya, saya lebih tepat disebut sebagai istrinya arsitek, daripada arsitek beneran. Tahun 2016 saya hanya sempat menulis 2 artikel tentang ini.

Pertama adalah pengalaman merapikan rumah dengan metode Konmari dari Tante Marie Kondo dalam tulisan Konmaring Your Home, Konmaring your life. Sebuah metode mengorganisasikan rumah dari Jepang yang saya temukan di ngobrol-ngobrol di grup WhatsApp. Pengalaman yang satu ini sukses menjadi viral dan membuat saya semangat untuk berbagi pengalaman lainnya. Oh iya, tulisan ini juga bisa dibaca di Rocking Mama ya.

Tulisan kedua adalah Pengalaman Mengecat Rumah saat menjelang lebaran tahun 2016. Dalam tulisan ini saya membagi pengalaman bingungnya memilih cat yang cocok dengan kebutuhan.

 

#2 Pengalaman dapat Jodoh

Aih, ini ceritanya tulisan saat Valentinan 14 Februari. Sok muda ikutan kebawa aura cinta-cintaan di sosmed membuat saya ingin berbagi pengalaman mengenai proses menemukan jodoh yang berlika-liku. Tulisannya bisa dibaca dalam Cinta dan Doa yang Salah.

Setelah jodoh ditemukan, selanjutnya adalah Pengalaman Mempersiapkan Pernikahan. Benar-benar sebuah pengalaman yang ribet tapi perlu disimpan baik-baik untuk anak cucu. Sebagai rangkaian dalam persiapan pernikahan, ada yang namanya Malam Barodak. Sejenis malam midodareni yang biasa dilakukan suku Jawa. Saya berbagi pengalaman Barodak dalam tulisan Mengenal Barodak, Midodareninya Masyarakat Sumbawa dalam rangka sebuah lomba yang diadakan Gramedia.

 

#3 Pengalaman dengan Anak-anak

Namanya juga emak-emak, tentunya punya banyak pengalaman dengan anak-anak yang perlu direkam di blog. Ada 4 tulisan pengalaman saya berhubungan dengan anak-anak. Yang pertama adalah pengalaman menghadapi Raka yang sangat mementingkan diri sendiri dan kurang memiliki rasa empati pada sekitar. Tulisannya bisa dibaca dalam Belajar dari Raka, Menghadapi Anak yang Self-centered.

Tulisan kedua adalah pengalaman ketika Sasya membuka tayangan YouTube yang tidak pantas. Sesaat sempat bingung juga harus bagaimana. Untung saya punya teman yang bisa diajak berkonsultasi soal ini. Semuanya saya tuangkan dalama tulisan Ketika Anak Buka YouTube yang Tidak Pantas.

Punya 2 anak yang sudah sekolah membuat saya merasa perlu menuliskan pengalaman mencari sekolah ideal untuk Raka dan Sasya. Setiap keluarga bisa memiliki kriteria sekolah ideal, namun buat saya ada 7 Kriteria Mencari Sekolah Ideal untuk Anak.

Tulisan terakhir yang pengalaman Raka melakukan tes menahan keinginan. Saya tidak ingin anak-anak tumbuh menjadi orang seperti saya yang sering tidak sabar untuk segera meraih sesuatu. Pengalaman ini saya tulis dalam Pengalaman Marshmallow Tes Raka.

 

#4 Pengalaman sebagai Stay at Home Mom

Sering kita temui mom war membahas Stay at Home Mom VS Working Mom. Klasik memang. Dan saya juga punya pengalaman ini. Walau saat ini saya bermahzab Stay at Home Mom, tapi saya sama sekali tidak kontra dengan Working Mom. Itu sih masalah nasib saja kalau menurut saya. Cerita saya mengenai ini bisa dibaca di Stay at Home Mom vs Working Mom, Its My Story. Kerennya, tulisan ini juga bisa dinikmati di Rocking Mama.

 

#5 Pengalaman IATSS Forum

Ini pengalaman kesukaan saya. Bayangkan saja, saya yang lulus dengan IP pas-pasan ini bisa menikmati beasiswa 2 bulan di Jepang bersama teman-teman keren dari sejumlah negara ASEAN. Its really the best 55 days in my life!

Setelah bongkar arsip-arsip lama dari tahun 2003 saat saya mendapatkan kesempatan ini, berikut tulisan pengalaman mulai dari proses seleksi hingga kegiatan selama mengikuti program di Jepang. Ada yang disajikan dalam bahasa Inggris, karena merupakan bagian dari Accomplishment report yang harus dikumpulkan saat itu, dan ada juga yang menggunakan campuran bahasa Inggris dan bahasa Indonesia saat mengikuti seleksi.

Application Form for IATSS Forum Japan

Essay for IATSS Forum Japan

Interview for IATSS Forum Japan

English Preparation for IATSS Forum Japan

My First week in IATSS Forum

IATSS Forum Experience part 1, part 2, dan part 3.

 

#6 Pengalaman Olahraga

Sebagai orang yang jarang olahraga, saya merasa sangat perlu berbagi pengalaman ketika berhasil mengalahkan kemalasan untuk bergerak. Ada tulisan pengalaman saya mengenai BKOM Bandung Solusi Bugar di Bandung Selatan dan Pengalaman Berenang di The Clover Grand Sharon Bandung. Dua tempat ini adalah favorit saya untuk melatih kebugaran tubuh.

 

#7 Pengalaman Operasi Gigi

Sebagai orang yang jarang sakit, ketika sekalinya harus masuk ruang operasi dan dibius total, saya rasa ini pengalaman penting yang harus ditulis. Pengalaman Operasi 5 Gigi dengan BPJS cukup banyak dibaca orang. Apalagi setelah saya share juga di Kompasiana. Banyak ketakutan pelayanan akan dipersulit jika menggunakan BPJS, ternyata tidak terbukti. Ini yang ingin saya bagi dalam tulisan.

 

#8 Pengalaman Belanja Buku

Saya adalah orang yang imannya lemah kalau berhubungan dengan buku. Bawaannya kalau masuk toko buku, nggak tahan untuk mengadopsi buku yang ada di sana. Berhubung anggaran pas-pasan, saya haruslah pintar-pintar memilih toko buku yang cukup bersahabat untuk dimasuki. Pengalaman saya dengan sejumlah Toko Buku Diskon di Bandung bisa jadi bermanfaat buat teman-teman.

 

#9 Pengalaman Bersosmed

Saya mah bisa dibilang jurig FB. Hobi banget lah mantengin FB dan WhatsApp sebagai sosmed favorit saya. Kalau Instagram, Twitter, Path saya tidak begitu paham dan jarang membukanya. Dari jam terbang di dunia maya yang tinggi saya berbagi pengalaman dalam tulisan-tulisan berikut:

Adab Berbagi di Era Sosial Media

Tips Ber-WhatsApp Group dengan Nyaman

Indohome, Solusi Cerdas Emak Galau

Tips Ber-Internet Sehat Buat Anak

Dan terakhir pengalaman saat saya mampu puasa sosmed 32 jam dalam tulisan Renungan 41 tahun Semua Berawal dari Fokus.

#10 Pengalaman Melatih Kebiasaan Baru

Ini pengalaman terpenting yang hampir saja saya lupakan. Bisakah teman-teman melatih kebiasaan baru? Coba lihat sekeliling kita, adakah orang-orang yang berhasil melatih sebuah kebiasaan dan mempertahankan setidaknya untuk jangka waktu 99 hari? Ternyata langka loh. Dalam tulisan Pengalaman Melatih Kebiasaan Baru, saya menyimpulkan 7 langkah untuk melatih kebiasaan baru. Cocok nih buat bacaan di tahun baru.

 

Jadi total ada 29 tulisan pengalaman yang saya buat di tahun 2016. Sebenarnya masih banyak pengalaman yang ingin dituliskan dan disimpan dalam blog. Senang rasanya ketika tahu pengalaman yang kita tulis ternyata bisa memberikan manfaat untuk orang lain. Jadi teman-teman, jangan ragu menuliskan pengalaman masing-masing. Di tunggu di grup FB #ODOPfor99days 2017 jika membutuhkan teman untuk berbagi pengalaman.

Shanty Dewi Arifin

Penulis yang suka berbagi Pengalaman dan Oleh-oleh dalam rangka belajar menjadi perempuan yang lebih baik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakatnya. Bergabung dengan komunitas: Blogger - Institut Ibu Profesional Bandung - Arsitektur ITB 93 - IATSS Forum 2003 - Akademi Menulis 5 Menara - #ODOPfor99days.

Leave a Reply

%d bloggers like this: