Kaleidoskop Tulisan Viral 2016 Shanty’s Story

Aih sebenarnya bukan viral dalam arti yang benar-benar viral ya. Ini viralnya tulisan di blog yang berumur 1 tahun saja. Di tahun 2016 ini, saya berhasil menulis 150-an artikel dalam blog Shanty’s Story (saatnya confeti bertaburan). Beberapa tulisan diantaranya dibaca cukup banyak orang. Saya memang sempat dua kali berpindah blog tahun ini. Yang pertama adalah rumah gratisan Shantystory.wordpress.com dan pada akhir Februari saya beli rumah baru yang lebih bling bling di Shantystory.com. Ada 30 tulisan yang sempat saya buat di shantystory.wordpress.com sebelum memboyong semuanya ke rumah baru dan menutup pintu rumah lama dari pandangan orang lain.

Berikut #9 tulisan Shanty’s Story yang berhasil menghasilkan 4 digit views tahun ini berdasarkan waktu postingannya:

 

#1 KonMaring your home, KonMaring your life

Ini adalah tulisan #day1 untuk #ODOPfor99days yang saya posting pada 4 Januari 2016.

“Itu namanya hukum keberuntungan. Orang yang pertama kali main kartu hampir selalu menang. Keberuntungan pemula. Sebab ada daya yang menghendaki engkau mewujudkan takdirmu. Kau dibiarkan mencicipi sukses, untuk menambah semangatmu.”

Kutipan kata-kata Raja Salem Malkisedek kepada Santiago dalam novel Sang Alkemis  di atas sangat cocok dalam kasus ini. Viralnya tulisan KonMari benar-benar sebuah keberuntungan pemula yang sangat mengejutkan. Total views mencapai 12.000 views di blog shantystory.wordpress.com. Gara-gara tulisan ini, saya jadi tahu rasanya kedatangan tamu hampir 4.000 orang dalam 1 hari, pada 7 Januari 2016. Berasa perlu pasang tenda untuk menampung tamu. #NoraknyaBloggerBaru

Menurut saya, tulisan ini bisa viral karena ada buzzer yang menshare tulisan saya via status Facebook. Karena saya lihat, ada yang menshare tulisan saya sampai ribuan kali. Keren banget! Nah kalau soal status sosial media bisa di-share ribuan orang, saya belum tahu rasanya.

Tulisan ini juga sempat di repost pada Oktober 2016 di Portal Rocking Mama! dengan judul Yuk Menata Rumah dengan Metoda KonMari demi Hidup Mama yang Lebih Nyaman dan Lebih Baik!  Tulisan yang sudah didandani ini dapat tambahan 4700 views dan di share 180 kali. Karena banyaknya views, saya dapat apresiasi berupa uang dari Rocking Mama! Ah terharu, ini uang pertama dari menulis loh.

Ada yang berbeda antara tulisan asli saya di blog dengan tulisan yang sudah didandani secara profesional di Rocking Mama! Saya bersyukur Carolina Ratri mau membongkarnya prosesnya di blog www.CarolinaRatri.com. Buat teman-teman yang mau ngintip, silakan berkunjung ke [Studi Kasus] Artikel Shanty Dewi Arifin: KonMaring Your Home KonMaring Your Life.

 

#2 Stay at Home Mom vs Working Mom, Its My Story

Tulisan yang saya tulis di Shanty’s Story pada Maret 2016 lalu sebenarnya hanya mendapatkan 360 views. Namun setelah dilirik oleh Carolina Ratri dan poles cantik untuk Rocking Mama! dengan judul Stay at Home Mama vs Working Mama – Inilah Cerita Kegalauan Saya Saat memilihnya, ceritanya jadi lain. Sejak diposting pada 17 Agustus 2016, tulisan ini mendapatkan views 1600 dan 173 share. Terharu saya…

Ini adalah tulisan pertama untuk Rocking Mama dan membuat saya mulai berani melirik portal-portal UGC – User Generate Content untuk memajang tulisan kita agar dibaca lebih banyak orang.  Daftar portal-portal UGC menarik bisa dilirik di postingan Carolina Ratri Mau Uji Nyali Menulismu? Ayo Menulis di Situs Lain. Insya Allah ini akan menjadi target menulis di tahun depan.

 

#3 BKOM Bandung, Solusi Bugar di Bandung Selatan

Review tempat yang merupakan pengalaman pribadi ternyata bisa mendatangkan views yang lumayan. Seperti pengalaman saya berolahraga di BKOM yang saya tulis pada Maret 2016. Hingga saat ini telah mendatangkan 1600 views.

Bisa jadi tulisan ini banyak dikunjungi karena menjelaskan secara detil fasilitas dan suasana di pusat kebugaran yang harganya cukup terjangkau di Bandung.

 

#4 Dialog Ayah dan Anak dalam Al Quran

Sebenarnya tulisan ini dibuat sebagai pelengkap materi dari sebuah seminar The Power of Superdad  yang diselenggarakan di sekolah anak-anak. Hanya karena pembicara menyampaikan bahwa ada 17 dialog antara orangtua dan anak dalam Al Quran, saya jadi penasaran untuk mengulik lebih jauh. Kira-kira obrolan seperti apa yang yang direkam Allah dalam kitab yang suci ini.

Serius ya tulisan ini juga laris manis dikunjungi orang hingga mencapai 2.000 views.

#5 Operasi Gigi dengan BPJS

Sakitnya saya ternyata menghasilkan banyak views. Bayangkan saja, pengalaman operasi gigi bisa menghasilkan 1200 views di blog dan tambahan 640 views dalam tayang ulang di Kompasiana. Tapi memang sih, menurut saya pengalaman seperti ini perlu dibagi. Sehingga bisa jadi masukan untuk orang lain. Istilah kerennya Zero Moment of Truth buat orang lain.

Jadi teman-teman, jangan malas berbagi pengalaman ya.

 

#6 Pengalaman Berenang di Grand Sharon

Ini juga cerita tentang pengalaman berenang di tempat berenang favorit keluarga kami. Lumayan lah mengantongi 1200 views. Di sini ada ulasan lengkap tentang lokasi, fasilitas, dan suasana di Grand Sharon Bandung.

 

#7 Andai saya Menteri Pendidikan 

Serius ya, saya suka sekali tulisan yang satu ini. Sebuah mimpi kocak yang saya harap bisa terwujud. Bukan soal jadi menterinya, tapi soal programnya. Capek saya, melihat sistem pendidikan di Indonesia. Semoga anak-anak tidak harus jadi kelinci percobaan untuk konsep pendidikan yang berat-berat.

Pertama kali tulisan ini saya tayangkan di Kompasiana pada 3 Agustus 2016 dan hingga kini telah menghasilkan 1000 views. Walau di blog Shanty’s Story tulisan ini sepi dibaca, tapi beredar viral di status Facebook dan masuk ke grup-grup WhatsApp. Saya tuh paling suka kalau melihat tulisan saya bisa berputar ke banyak orang dan akhirnya kembali lagi ke saya melalui orang lain yang tidak saya kenal. Geli-geli sedap gitu deh rasanya.

 

#8 Ulasan Novel Milea Suara Dari Dilan karya Pidi Baiq

Saya sebenarnya menulis review Milea ini dengan misuh-misuh. Its really not my type of novel. Nasib saja membuat saya bisa menyelesaikan membaca novel ini sampai tamat. Plus 2 seri sebelumnya. Nah kalau untuk kasus yang ini, kutipan yang cocok adalah ayat tentang perang dalam QS Al Baqarah 2:216.

“Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”

Review Milea saya posting 28 September 2016, sakti banget bikin saya terkaget-kaget. Blog yang biasa adem ayem dengan rata-rata 50 views per hari, jadi tiba-tiba ramai di angka rata-rata 500 views per hari. Setengahnya merupakan views untuk review Milea. Lonjakan 10 kali lipat hanya karena 1 tulisan yang hingga hari ini telah mencapai 18.500 views.

Kalau menurut saya, yang membuat viral adalah karena novel ini memang sangat diminati anak muda. Dan anak muda adalah pangsa terbesar media sosial. Jadi wajar lah kalau apa yang mereka minati akan menjadi viral. Selain itu, tulisan ini juga menempati page 1 di Google jika kita browsing mengenai hal-hal yang berbau Milea, Dilan, dan Pidi Baiq.

Jangan tanya saya bagaimana caranya bisa bertengger di sana. Otak emak-emak masih belum mudeng benar soal SEO. Sedikit ilmu tentang tulisan yang SEO friendly yang nyangkut di kepala seperti menempatkan keyword yang ideal, berusaha memberikan apa yang benar-benar dibutuhkan pembaca, menggunakan heading, dan sejenisnya. Menurut saya semua tulisan sudah diusahakan SEO friendly. Tapi ya hanya segelintir tulisan saya yang bisa nangkring di page 1 Google. Salah satunya ini.

Gara-gara tulisan ini juga, saya memutuskan untuk memiliki blog baru di tahun 2017, khusus untuk review buku yang saya baca. Nanti jangan lupa berkunjung ya ke Blog Shanty’s Book Review.

 

#9 Jangan dibaca oleh PENDEMO 4 November

Tulisan yang satu ini sengaja tidak saya masukkan ke blog Shanty’s Story, tapi cukup di Kompasiana. Bukan apa-apa sih, cuma karena tidak ada kategori yang cocok untuk tulisan ini. Dan di Kompasiana, tulisan setipe ini sudah ada raknya sendiri dan mampu menghasilkan 3600 views dalam waktu singkat. Bisa jadi karena saya menayangkannya tepat 1 hari sebelum demo 4 November.

Tulisan ini mungkin agak kontroversial karena saya menunjukkan sisi di mana saya berada untuk menyikapi kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama atau Pak Ahok. Walau tidak semua langkah Pak Ahok saya setuju, tapi kalau untuk kasus ini saya Pro Ahok. Dan buat saya, tidak masalah untuk menyampaikan pandangan yang berbeda. Kalau itu masalah buat yang membacanya, ya jangan dibaca saja.

Tulisan ini juga membuat saya memperhatikan cara berpikir kritis masyakarat. Mengapa kita tidak terbiasa untuk bisa menerima pandangan yang berbeda? Saya sendiri membaca tulisan dari pihak yang berbeda pendapat, sekedar untuk mendapatkan masukan yang seimbang. Dari dua masukan yang seimbang kita jadi bisa lebih jernih untuk melihat sebuah persoalan. Dari situ kita bisa melihat apakah suatu kasus putih, hitam atau abu-abu. Dan menurut saya tidak ada masalah teman-teman mau melihatnya dengan warna apapun. Tidak karena saya melihatnya sebagai putih, lantas mengatakan yang hitam kafir.

Menulis mengajarkan saya untuk bisa berpikir kritis. Belum tentu benar, tapi setidaknya tidak mudah terpengaruh oleh arus pendapat orang lain.

Demikian lah 9 tulisan saya yang viewsnya di atas 4 digit. I feel so proud of my self. Alhamdullillah. Terima kasih banyak untuk teman-teman  menulis saya. Baik yang di #ODOPfor99days dan maupun di komunitas blogger, yang baik hati dan tidak sombong untuk berbagi ilmu dan penyemangat untuk bisa tetap konsisten menulis. You gals are rock! Mari kita tetap bersama di #ODOPfor99days 2017.

Semoga tahun depan kita lebih banyak menghasilkan tulisan yang bisa memberikan manfaat bagi banyak orang. Semangat!!!

Shanty Dewi Arifin

Penulis yang suka berbagi Pengalaman dan Oleh-oleh dalam rangka belajar menjadi perempuan yang lebih baik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakatnya. Bergabung dengan komunitas: Blogger - Institut Ibu Profesional Bandung - Arsitektur ITB 93 - IATSS Forum 2003 - Akademi Menulis 5 Menara - #ODOPfor99days.

2 thoughts on “Kaleidoskop Tulisan Viral 2016 Shanty’s Story

  • December 30, 2016 at 5:16 pm
    Permalink

    Bagaimana caranya membuat tulisan yang bisa jadi viral ya Mbak?
    terima kasih

    Reply
    • December 30, 2016 at 8:05 pm
      Permalink

      Wah saya juga nggak tahu. Tulisan saya jauh lebih banyak yang nggak kebaca orang kok. Ada faktor X kayanya. Saya sih masih menulis sesuka hati saja.

      Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: