Fenomena Om Telolet Om

Apa komentar teman-teman tentang Fenomena Om Telolet Om? Bisa ikutan tertawa dan berbahagia? Atau masih bingung? Atau menghujat keanehan selera humor masyarakat yang satu ini?

Ketika Newsfeed (Kabar Berita) Facebook saya di tiba-tiba diramaikan oleh komentar sejumlah teman-teman berisikan Om Telolet Om, saya langsung terpikir ini adalah bentuk pengalihan isu. Kok ya bisa-bisanya semua orang – beneran hampir semua orang loh! – pasti buat status ada kata Om Telolet Om-nya. Minimal untuk bertanya, Apa sih artinya Om Telolet Om? Aneh banget. Menurut saya fenomena ini lebih tepat disebut sebuah pengalihan isu. Dan tidak tanggung-tanggung, mereka ‘membayar’ buzzer level dunia untuk meramaikan isu ini. Tingkat tinggi nih levelnya, kalau sudah sampai pesohor dunia seperti Pembalap Marc Marquez penasaran. Padahal mereka juga bisa jadi sekedar mencuit, “What is Om Telolet Om mean?” Asli ya, nggak penting banget.

Jadi Shanty nggak suka Om Telolet Om?

Tepatnya tidak mengerti. Mungkin faktor umur yang agak lambat untuk mencerna sesuatu. Bagaimana mungkin orang bisa begitu bahagia ketika permintaannya untuk mendengar suara klakson diluluskan? Sesederhana itu kah bahagia buat sebagian orang? Jadi sejenak kita lupa bahwa bahagia itu tidak harus dicapai dengan memenangkan debat di sosial media. Bahagia itu bukan sekedar saat mendapatkan uang menyerupai uang Cina yang terdapat gambar pahlawan kafirnya. Bukan hanya itu. Bahagia itu ternyata bisa dari sekedar saat Om Sopir mau meluluskan permintaan untuk membunyikan klakson. Setidaknya bagi sebagian orang.

Sejujurnya saya menganggap ini sangat aneh. Kok bisa ya? Sampai saya mengalaminya sendiri.

Kemarin di jalan PSM Bandung, saya mendengar di kejauhan ada suara klakson khas ini. Saya lihat sejumlah orang meneriakkan “Om Telolet Om.” Banyak orang tertawa bahagia dan kegirangan mendengar suara itu. Ketika bis akhirnya lewat di depan saya, saya melihat wajah Om Supir sumringah bahagia sambil menekan klakson Om Telolet Om. Semua orang yang mendengar tersenyum dan tertawa bahagia. Di situ saya tahu, kebahagiaan sederhana itu memang ada…

*Kalau belum punya kesempatan langsung mendengar klakson Om Telolet Om yang bikin banyak orang tertawa bahagia itu, bisa menyimak video adiknya Oki Setiana Dewi, Ria Ricis yang kocak ini di sini.

Shanty Dewi Arifin

Penulis yang suka berbagi Pengalaman dan Oleh-oleh dalam rangka belajar menjadi perempuan yang lebih baik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakatnya. Bergabung dengan komunitas: Blogger - Institut Ibu Profesional Bandung - Arsitektur ITB 93 - IATSS Forum 2003 - Akademi Menulis 5 Menara - #ODOPfor99days.

Leave a Reply

%d bloggers like this: