#ODOPfor99days 2017 dibuka!!!

Tidak terasa 2 minggu ini tahun 2016 akan berakhir. Sudah hampir rampung 1 tahun kami bersama di #ODOPfor99days dengan segala suka dukanya. Di tahun 2017 kami membuka kesempatan untuk bergabung berlatih menulis bersama, spesial pakai telor buat teman-teman yang memiliki Resolusi ingin berlatih menulis rutin.

 

 Apa itu #ODOPfor99days?

#ODOPfor99days atau One Day One Post for 99 days adalah sebuah komunitas berlatih menulis rutin bersama di Grup Facebook dan WhatsApp.

Kenapa ada 99 harinya? Karena konon ini adalah angka ajaib untuk melatih sebuah kebiasaan dengan rutin.

Jangan terintimidasi dengan keharusan satu hari satu tulisan selama 99 hari ya. Ini sekedar target ideal yang bisa dicapai.

Diharapkan teman-teman dapat menuliskan target menulis sesuai kemampuan masing-masing pada awal tahun, sebagai bahan evaluasi pencapaian pada akhir 2017.

 

Kenapa perlu mengikuti #ODOPfor99days?

Karena kalau sendiri kita suka malas. Dengan ada teman yang memiliki resolusi yang sama kita diharapkan akan lebih semangat untuk menulis rutin.

 

Siapa yang boleh ikut #ODOPfor99days?

Grup ini spesial untuk ibu-ibu, baik yang masih lajang atau yang sudah berkeluarga.

Kelas akan dikelola secara bergantian oleh Ketua Kelas yang akan dipilih setiap 2 minggu sekali.

Tidak ada guru yang akan memberikan materi khusus di sini. Kita hanya akan belajar dari teman-teman yang lain dan mengundang penulis untuk Kulwap.

 

Di mana Grup #ODOPfor99days akan berlangsung?

Di Public Group Facebook #ODOPfor99days 2017 dan WhatsApp Grup. Yang akan bergabung di grup WhatApp hanya untuk 99 orang yang setoran tulisannya terbanyak di grup Facebook.

 

Kapan Grup #ODOPfor99days berlangsung?

Sepanjang tahun 2017, dimulai dari minggu ke-1 hingga minggu ke-52.

 

Bagaimana kegiatan di #ODOPfor99days?

Ketua kelas akan membuat Tread Mingguan dari minggu ke-1 hingga minggu ke-52 di tahun 2016 untuk teman-teman bisa menyetorkan tulisannya.

Tulisan boleh dalam bentuk postingan blog, Google Dokumen, Status di Facebook, Print Screen Notes HP, atau Print Screen Tulisan tangan.

Teman-teman bebas menentukan target penulisan masing-masing. Boleh dimulai dari seminggu sekali dengan minimal 300 kata, atau menulis setiap hari minimal 100 kata. Bebas saja menentukan target sesuai kondisi masing-masing.

 

Kegiatan rutin #ODOPfor99days 2017

Berikut kegiatan rutin yang kami rencanakan akan berlangsung di grup:

Senin pertama: Ketua Kelas akan membuat Tread setoran postingan mingguan.

Selasa pertama: Diskusi mengenai tema minggu ini yang ditentukan oleh Ketua Kelas.

Jumat pertama: Diskusi bacaan minggu ini. Boleh buku atau artikel.

Senin kedua: Ketua Kelas membuat Tread setoran postingan mingguan.

Selasa kedua: Berbagi tulisan tentang tema yang diberikan minggu sebelumnya. Diharapkan teman-teman saling menanggapi tulisan temannya.

Jumat kedua: Kulwap dengan penulis.

Sabtu kedua: Memilih Ketua Kelas untuk bertugas 2 minggu selanjutnya.

 

Bagaimana teman-teman siap berlatih menulis bersama?

Yang berminat bergabung boleh join ke Facebook Group #ODOPfor99days 2017. Ditunggu di grup yang akan di mulai pada 2 Januari 2017.

 

“Tidak semua orang harus jadi Penulis. Tapi semua orang perlu belajar mengungkapkan pikirannya dalam bentuk tulisan.”

Shanty Dewi Arifin

Penulis yang suka berbagi Pengalaman dan Oleh-oleh dalam rangka belajar menjadi perempuan yang lebih baik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakatnya. Bergabung dengan komunitas: Blogger - Institut Ibu Profesional Bandung - Arsitektur ITB 93 - IATSS Forum 2003 - Akademi Menulis 5 Menara - #ODOPfor99days.

Leave a Reply

%d bloggers like this: