Dari Acara Malam Penganugerahan Perempuan Inspiratif Nova 2016

Satu minggu yang lalu Mbak Mentari dari Tabloid Nova menyampaikan sebuah undangan untuk menghadiri acara Malam Penganugerahan Perempuan Inspiratif Nova (PIN) 2016 pada Sabtu, 26 November 2016. Kebetulan lokasinya di Bandung dan tidak perlu keluar kota.

Pertanyaan yang muncul adalah apakah saya perlu menghadiri acara ini? Segala pertimbangan muncul di kepala. Mulai dari acara malam yang pastinya akan mengganggu jam tidur, siapa yang akan menjaga anak-anak, lokasinya yang harus melewati sejumlah ranjau kemacetan Bandung di malam minggu, suami yang tidak mau menemani, sampai ke tidak punya baju bernuansa Gold yang menjadi dress code acara.

Namun melihat antusiasme teman-teman lain, saya pun jadi ketularan ikut bersemangat dan bertekad bisa turut hadir. Jarang-jarang kita memiliki kesempatan mendengar langsung pengalaman para finalis. Bisa saja profil mereka kita baca di Tabloid Nova terbaru, tapi pasti rasanya akan sangat berbeda jika bisa berjumpa langsung.

Syukur-syukur kalau bisa kenalan dan ikut menyampaikan selamat sebagai apresiasi pada keberhasilan mereka. Mumpung diadakan di Bandung lagi. Sekedar informasi PIN 2015 di selenggarakan di Jakarta dan PIN 2014 di Surabaya. Jadi kalau tahun depan PIN diselenggarakan di kotamu, saya sarankan jangan pakai banyak alasan kalau di undang. Serius ya ini worth it banget!

Dengan tekad yang kuat akhirnya satu demi satu rintangan bisa dilalui. Suami bisa dikitik-kitik buat mau mengantarkan, mertua yang bersedia dititipkan anak-anak, baju bernuansa gold yang tiba-tiba nongol dari balik tumpukan harta karun, sampai sejumlah titik kemacetan yang bisa diterjang dengan motor. Walau sebenarnya sempat ragu mau berangkat karena sepanjang sore hujan turun deras di Bandung. Untung saja saat magrib cuaca malam minggu menjadi begitu bersahabat. Pasti ini doa para anak muda yang mau ngapel malam mingguan.

 

Cinta dan Harapan Perempuan Indonesia

Pukul 7 malam, saya pun bisa duduk manis dengan suguhan welcome drink Juice Jeruk segar di meja nomor 20 Ballroom Hotel Grand Tjokro Jl. Cihampelas 211-217 Bandung. Ketika menyapu ruangan, ternyata benar saja ada sejumlah wajah-wajah familiar yang saya temui.

Senang sekali bisa bertemu dengan Mbak Lala – Mira Julia yang RumahInspirasi.com-nya sering saya kunjungi untuk mencari informasi tentang homeschooling.  Mbak Lala ini adalah alumni PIN 2013 sekaligus menjadi juri dalam ajang PIN tahun-tahun selanjutnya.

Sempat juga cipika-cipiki dengan Nia Kurniawati, Alumni PIN 2011 yang juga teman di Komunitas IIP Bandung. Tidak lupa saya mengucapkan terima kasih karena Nia sudah memberikan nomor saya ke Mbak Mentari dari Nova, sehingga bisa di undang ke acara ini.

Di acara ini saya bersama 4 teman dari Komunitas IIP Bandung dan 10 orang dari Komunitas Blogger Bandung. Senang sekali akhirnya bisa bertemu dengan Alaika Abdullah, kuncen Blogger Perempuan. Sebelumnya kami hanya sempat say hello di FB dan Blog saja.

Acara Malam Penganugerahan Perempuan Inspiratif Nova 2016 resmi di mulai pukul 8 malam dengan sambutan dari Editor in Chief Nova, Ibu Iis R. Soelaeman. Berbeda dari tahun sebelumnya yang hanya menampilkan 12 Perempuan Inspiratif, di tahun 2016 PIN memisahkan kategori Seni Sosial Budaya menjadi 2 kategori terpisah. Jika sebelumnya ada 6 kategori, kini ada 7 kategori, yaitu kategori Sosial, Teknologi,  Pendidikan, Lingkungan, Kesehatan, Wirausaha, dan Seni Budaya.

Setiap kategori ada 2 pemenang. Satu pemenang dipilih berdasarkan mekanisme Editor’s Choice. Mereka adalah orang-orang yang kisah hidupnya pernah diangkat dalam Tabloid Nova sepanjang tahun 2016. Ke-7 orang pemenang PIN 2016 bisa dilihat profilnya dalam Nova 1501 ( terbit 28 November 2016).

Satu lagi pemenang berdasarkan mekanisme penilaian juri dari hasil menseleksi lebih dari 2.800 entries. Sengaja dipilih yang belum terlalu dikenal luas oleh masyarakat. Diharapkan dengan menjadi Finalis PIN, karya mereka bisa dilihat lebih banyak orang. Biasanya orang lain yang mencalonkan mereka untuk mengikuti ajang ini. Profil dari 7 orang Pemenang kategori Pilihan Juri bisa dibaca dalam Nova 1502 (terbit 5 Desember 2016).

Di penyelenggaraan PIN ke-9 tahun ini, Nova mengangkat tema Cinta dan Harapan. Diharapkan dengan ketulusan cinta dan indahnya harapan yang terselip dalam setiap karya para finalis menjadikannya bermakna dan menginspirasi para perempuan Indonesia.

Sambutan Atalia Praratya dan Agustina Erni

Tamu spesial malam itu yang juga memberi sambutan adalah wanita inpiratif pilihan Kang Emil Walikota Bandung. Teh Cinta Atalia Praratya yang tampil menawan dengan gaun kuning, menyampaikan pesan untuk menjadi perempuan yang terdidik dan bebas dari kebodohan.

“Jadilah perempuan yang kalau gagal ia siap bangkit lagi, perempuan yang kuat dan tidak mudah putus asa.” – Atalia Praratya

Bisaan banget lah Teh Lia membangkitkan semangat kita untuk menjadi perempuan yang lebih baik dan bermanfaat bagi orang-orang di sekitarnya. Mungkin ini efek orang yang daftar acaranya bisa sampai 8 tempat sehari. Baca ceritanya di Rahasia Public Speaking Atalia Praratya.

Sambutan lain juga disampaikan oleh Ibu Agustina Erni, selaku Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Beliau memaparkan bahwa hampir 49,75% penduduk Indonesia adalah perempuan. Dan 1/3 penduduk Indonesia adalah anak-anak. Ada 3 isu besar mengenai perempuan dan anak yang tengah dikerjakan oleh kementrian. 2 diantaranya adalah Kekerasan terhadap perempuan dan anak, dan Perdagangan perempuan dan anak. Karena luasnya wilayah Indonesia, Kementrian merasa perlu bekerja sama dengan masyarakat untuk bisa menyelesaikan 3 isu besar ini.

Bu Agustina menjelaskan bahwa Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak juga memberikan perhatian kepada laki-laki. Ada program yang namanya HeForShe, yaitu sebuah program untuk mendapatkan dukungan dari kaum laki-laki agar peduli pada kesetaraan gender. Mulai dari masa sekolah, anak laki-laki diajarkan untuk tidak melakukan kekerasan kepada pacarnya.

Di sini saya jadi paham mengapa acara-acara apresiasi terhadap perempuan Indonesia perlu banyak diselenggarakan. Dalam ajang ini bukan sekedar apresiasi yang diberikan, namun juga membuka jaringan para finalis untuk bisa bekerja sama dengan pemerintah dan membuka jaringan baru bagi mereka untuk bisa bermanfaat bagi lebih banyak orang.

Acara malam itu dipandu oleh Iwet Ramadhan dengan hiburan beberapa tarian dari Galaksinongnong Art dan grup musik D’Cinnamons. Mereka menghibur para undangan yang bersantap malam dengan ceasar salad, sup, steak, ditutup dengan cake lezat. Menyesal sekali saya tidak sempat buka contekan table manner sebelum datang ke acara ini. Saya bingung dengan sederetan sendok, pisau dan garpu yang banyak.

Daftar Pemenang Perempuan Inspiratif Nova 2016

Sebagai acara puncak, setiap finalis menerima piala PIN 2016, bingkisan dari Sariayu Martha Tilaar dan uang tunai senilai 3 juta rupiah. Setelah itu mereka masing-masing diberikan kesempatan untuk cerita sedikit tentang sepak terjang mereka.

Dari cerita mereka, bisa disimpulkan semua orang bisa menghasilkan karya yang bermanfaat bagi banyak orang. Apakah sekedar lulusan SD atau lulusan S3 semua sama-sama bisa berprestasi di bidangnya masing-masing. Benar-benar salut sama perjuangan mereka.

Berikut daftar ke-14 Perempuan Inspiratif Nova 2016:

#1 Kategori Perempuan dan Sosial: Arnis Wigati dari Jakarta (Pilihan Juri) dan Lusia Efriyani Kiroyan dari Batam (Editor’s Choice).

#2 Kategori Perempuan dan Teknologi: Sidrotun Naim dari Bandung (Pilihan Juri)  dan Novi Wahyuningsih dari Kebumen (Editor’s Choice).

#3 Kategori Perempuan dan Pendidikan: Reza Purwanti dari Tangerang Selatan (Pilihan Juri)  dan Salma Safitri Rahayaan dari Malang (Editor’s Choice).

#4 Kategori Perempuan dan Lingkungan: Pariaman MD Hutasoit dari Denpasar (Pilihan Juri)  dan drh Erni Suyanti Musambine dari Bengkulu (Editor’s Choice).

#5 Kategori Perempuan dan Kesehatan: dr. Louisa Ariantje Langi dari Jakarta (Pilihan Juri) dan Nur Miftakhul Janah dari Malang (Editor’s Choice).

#6 Kategori Perempuan dan Wirausaha: Herlina Triesnawati dari Madura (Pilihan Juri)  dan Sunani dari Pontianak (Editor’s Choice).

#7 Kategori Perempuan dan Seni Budaya: Aliya Nurlaela dari Kediri (Pilihan Juri)  dan Nur Anani M Irman dari Cirebon (Editor’s Choice).

Cerita lengkap mereka bisa dilihat di Tabloid Nova 1501 (28 November 2016) dan 1502 (5 Desember 2016).

Acara ditutup dengan sesi foto-foto. Terima kasih sekali untuk teman saya Dewimay yang siap dengan tongsis dan camera hp kinclongnya untuk mengabadikan sejumlah momen. Mulai dari berfoto bersama teman-teman IIP Bandung, teman-teman blogger, foto bersama si cantik Alyssa Soebandono yang hadir sebagai Brand Ambassador Sariayu, dan beberapa finalis. Terima kasih buat Mbak Salma Safitri Rahayaan – PIN 2016 kategori Pendidikan, yang menawarkan meminjamkan bunga dan piala PIN-nya untuk kami foto. “Biar jadi doa,” katanya. Amin…

Terima kasih juga buat suami yang bersedia mengantarkan dan sigap mengamankan tas istrinya yang ditinggal-tinggal karena sibuk ber-selfie ria. Susah dipungkiri, perlu laki-laki sejati dibalik perempuan-perempuan yang berbahagia.

Sebelum pulang, para undangan mendapat goody bag yang lumayan besar. Ada bantal lucu buat Sasya, sebotol sambal Jeng Ida, Kain batik, 2 tabloid Nova terbaru, dan Hair Mist dari Sari Ayu. Undangan puas dan bahagia lah.

Sebuah acara yang membuka wawasan dan menginspirasi. Terima kasih Nova dan semoga bisa tetap menginspirasi perempuan Indonesia.

*Jadi kalau tahun depan kalian di undang, pastikan hadir ya!

Bersama teman-teman IIP Bandung
Bersama teman-teman IIP Bandung: Fiena, Nca, Dewi, Shanty, Farida. Lengkap dengan pinjaman bunga dan piala PIN dari mbak Salma.

 

Baca juga:

http://tabloidnova.com/News/Varia-Warta/Luapan-Haru-Bahagia-Di-Penghujung-Malam-Penganugerahan-Perempuan-Inspiratif-Nova-2016

http://tabloidnova.com/News/Varia-Warta/Bertabur-Cinta-Dan-Harapan-Malam-Puncak-Penganugerahan-Perempuan-Inspiratif-Nova-2016-Digelar

 

Shanty Dewi Arifin

Penulis yang suka berbagi Pengalaman dan Oleh-oleh dalam rangka belajar menjadi perempuan yang lebih baik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakatnya. Bergabung dengan komunitas: Blogger - Institut Ibu Profesional Bandung - Arsitektur ITB 93 - IATSS Forum 2003 - Akademi Menulis 5 Menara - #ODOPfor99days.

One thought on “Dari Acara Malam Penganugerahan Perempuan Inspiratif Nova 2016

Leave a Reply

%d bloggers like this: