Ulasan buku saku para blogger, Blogging: Have Fun and Get The Money-nya Carolina Ratri

Dalam 1 Kalimat

Buku yang membahas 7 poin penting sebagai pegangan buat para blogger yang ingin menjelajahi hutan perbloggeran di Indonesia.

 

Hal Menarik

  • Kita harus tahu apa alasan kita nge-blog dan tujuannya.
  • Tentukan niche (topik utama) blogmu. Ada banyak keuntungan dari blog yang membahas topik tertentu.
  • Buatlah blog yang rapi dan enak dibaca.
  • Pelajari SEO dasar dan daftarkan blog ke search engine.
  • Esensi ngeblog adalah menulis. Kualitas tulisan adalah yang utama.
  • Job Review bisa didapatkan dengan bergabung dengan situs penyedia layanan job review, komunitas blogger, dan mengoptimalkan blog.
  • Selain sebagai job reviewer, blog bisa menghasilkan uang dari google adsense dan program afiliasi lainnya.
  • Rawatlah blog selayaknya rumah. Jangan dibiarkan banyak sarang laba-labanya karena lama tidak di update.

Poin penting

Alasan ngeblog: buat gaya-gayaan, menyalurkan hobi, ajang curhat, menambah penghasilan, sarana belajar, mengasah kemampuan, dan eksistensi.

Keuntungan blog berniche: fokus pada topik tertentu, memiliki pembaca loyal, lebih gampang di-monetize, dan membuat kita terus belajar.

Tips menentukan nama blog: mudah diingat, samakan dengan judul atau isi blog, tidak terlalu panjang dan mudah diingat, usahakan url mengandung keyword yang mewakili isi blog.

Karakteristik platform Blogspot: HTML-friendly, lebih gampang dikomersialkan, dashboard sederhana, relatif aman dari hackers karena dikelola Google, dan tidak ada iklan dari vendor.

Karakteristik platform WordPress: dashboard lebih nyaman, lebih mudah memonitor dan membalas komen, ada pembedaan tags dan kategori tulisan (sehingga memudahkan dalam membuat menu blog), permalink dapat di-customize, kapasitas video dan gambar yang mencapai 3 GB, tersedia fitur akismet, dan dapat memblokir pengunjung dengan IP tertentu.

Tip dasar SEO: perhatikan pemilihan keyword untuk url blog, penamaan kategori dan blog, atau judul postingan, optimalkan permalink blog, gunakan long tail keyword, pilih blog yang mobile-friendly, perhatikan setting navigasi blog yang rapi dengan menempatkan menu pada setiap halam postingan, dapatkan back link dari website lain, sering update, aktif di media sosial, dan pastikan ada tombol follow di blog.

Teknik dasar menulis blog: memahami EYD dan kaidah berbahasa Indonesia yang baik, tulisan yang unik, original dan inovatif, perbanyak referensi membaca untuk memperkuat data dan fakta, keep it short and simple, dan perhatian pada self-editing.

Ide tulisan bisa didapat dari: pengalaman pribadi, blog walking, kategori dari niche blog kita, bersosialisasi, dan banyak membaca.

Untuk memelihara semangat ngeblog: selalu perbaharui komitmen, buat jadwal, beri batas waktu maksimal untuk jeda menulis, piknik menulis, ubah tempat menulis, menghadiri acara komunitas blogger.

Faktor yang mempengaruhi harga Ratecard (fee yang diminta oleh blogger bagi pemasang iklan): blog performance, keaktifan di media sosial, profil advertiser, dan kesempatan kerjasama yang lebih panjang.

Yang perlu diperhatikan saat bekerja sama dengan advertiser: mulailah dari yang kecil, tentukan rate yang sesuai, jaga profesionalitas, tempatkan pembaca blog sebagai yang utama, ajak untuk kembali bekerja sama, selektif dalam memilih advertiser.

Tip agar pendaftaran Google Adsense diterima: konten yang original dan unik, jumlah artikel yang cukup banyak, blog yan cukup umur sehingga telah memiliki banyak pengunjung, sebaiknya blog berbayar.

 

Penilaian Pribadi

Semua medan perlu ada manualnya. Nah buku ini cocok banget buat jadi manual teman-teman yang ingin menjelajahi dunia perbloggeran. Benar-benar Frequently Asked Question (FAQ)nya nge-blog lah. Dimulai dari menetapkan alasan membuat blog, cara membuat blog, tentang menulis, sampai ke cara mendapatkan uang dari blog sebagai job reviewer, google adsense, dan ditutup dengan  cara merawat blog agar tumbuh subur. Padat, bergizi, namun enak rasanya.

Hal lain yang menarik dari buku ini adalah bagian tips para blogger senior untuk mendapatkan job review. Mulai dari Aldi Terren Putra, Indah Julianti Sibarani, Isnuansa Maharani, Eka Situmorang, Winda Krisnadefa, dan Istiarina Putri.

Kenapa perlu beli buku? Bukankah sudah banyak artikel mengenai blogging yang bertebaran? Nggak perlu pergi jauh-jauh, di blog nya Carolina Ratri sendiri selalu terupdate tips-tips blogging yang penting buat selalu kita simak. Tapi tetap saja, saya merasa perlu memiliki buku ini karena banyak hal-hal penting yang sudah dirangkum dalam 1 buku. Kita tidak perlu browsing untuk hal-hal dasar yang sering kali kita lupakan saat ngeblog.

Perbandingan dengan buku lain

Saya akui Carolina Ratri pintar sekali mengkampanyekan bukunya ini sehingga begitu sering wara-wari di timeline sosial media. Bagi kita yang ingin tahu banyak tentang ngeblog, begitu melihat buku ini di toko buku, biasanya akan langsung terhipnotis. Nggak akan lirak-lirik buku sejenis yang lain, dan langsung ngembat buku yang di halaman covernya saja sudah menjawab apa yang kita butuhkan.

Biasanya buku-buku mengenai blogging judulnya atau isinya terlalu fokus soal cara cari uang dari blog. Sebagai pemula, saya merasa bukan itu dulu yang saya perlu. Nah bukunya Ratri ini tetap memberikan materi penting esensi dan dasar-dasar blogging, selain ada pembahasan mendalam juga mengenai urusan memonetizing blog.

Ada juga sih buku tentang blogging legendaris yang bisa diunduh gratis versi pdf-nya. Judulnya Blogging for Dummies karangan Brad Hill (Wiley Publishing, 2006). Kalau bukunya Ratri memuat 101-nya blogging, buku Brad Hill bisa dibilang memuat 1001 urusan blogging. Untung Ratri sudah sudah mensarikan yang penting-penting dalam bukunya dan sangat cocok buat kita-kita yang di Indonesia. Jadi tidak perlu membuat kepala ngebul untuk membaca buku 19 bab dan 300 halaman berbahasa Inggris Blogging for Dummies.

 

Tentang Penulis

Carolina Ratri adalah blogger yang sudah malang melintang di dunia penulisan blogger sejak sekitar 10 tahun lalu. Berkat berkah ngeblog ia akhirnya diajak untuk bergabung dengan portal Rocking Mama! yang merupakan jaringan media online Zetta Media. Ratri juga adalah Marketing Communicator untuk Penerbit Stiletto Book, Yogyakarta dan merupakan penulis aktif untuk media online dan buku.

Rating 8. Must have book!

Data Buku Blogging: Have Fun and Get the Money karya Carolina Ratri

Penerbit: Stiletto Book, 2015

Halaman: 245 hlm, 13×19 cm

Harga    : Rp 54.000,-

 

Shanty Dewi Arifin

Penulis yang suka berbagi Pengalaman dan Oleh-oleh dalam rangka belajar menjadi perempuan yang lebih baik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakatnya. Bergabung dengan komunitas: Blogger - Institut Ibu Profesional Bandung - Arsitektur ITB 93 - IATSS Forum 2003 - Akademi Menulis 5 Menara - #ODOPfor99days.

One thought on “Ulasan buku saku para blogger, Blogging: Have Fun and Get The Money-nya Carolina Ratri

  • August 24, 2016 at 4:25 pm
    Permalink

    Awuwuwuw! Makasih, Mbak, ulasannya hehehe.
    Semoga bermanfaat!

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: