Review Semester 1 #ODOPfor99days

Semestinya saya menyampaikan pidato kelulusan hari ini. Sayang setelah tampil cantik lengkap dengan kebaya dan make up, e…. upacara wisudaannya sudah bubar. Sudah kelamaan dari target Semester 1 #ODOPfor99days yang semestinya bisa diselesaikan pada 20 Mei 2016.

Tapi setidaknya, hari ini saya punya 99 tulisan artikel!

Bukan tulisan menang lomba berhadiah wah, bukan tulisan viral dengan 6 digit views, bukan tulisan yang secara langsung menghasilkan uang. But I’m really proud of my adorable baby blog. Maklum umurnya baru 7 bulan. Dia manis sekali kan dengan bajunya (baca:theme) yang baru?

Sebenarnya di blog ini jumlah artikelnya sudah mencapai 124 post. Tapi saya hanya menghitung postingan yang berupa tulisan artikel saja. Postingan yang diambil dari blog lama, postingan yang berbentuk murni copasan materi Kulwap, dan daftar link tidak dihitung sebagai postingan. Tulisan tersebut terdiri dari pengalaman selama ini, oleh-oleh dari acara yang dikunjungi (sekedar dalam rangka materi tersebut tidak hilang begitu saja), opini, ilmu-ilmu menulis dan ulasan terhadap sesuatu.

Senang sekali rasanya bisa menulis sebuah artikel utuh. Bukan sekedar dipikirkan atau dikhayalkan bahwa saya akan menuliskan hal ini suatu saat nanti yang tak pasti. Walau masih seadanya, setidaknya saya menuliskannya.

quotes
No matter how many mistakes you make or how slow you progress, you still way ahead of everyone who isn’t trying

Yang belum berhasil dicapai

Ini yang bikin berlinangan air mata. Dalam 7 bulan, ternyata saya belum berhasil menaati komitmen untuk memiliki jam menulis yang berhasil menghasilkan 1 postingan setiap hari. Masih sering terjadi hari-hari kosong yang benar-benar tidak menuliskan apa-apa untuk jangka waktu lama. Ibaratnya kalau sebelumnya saya menulis Senin atau Kamis saja. Selama Januari – Juli saya hanya mampu menulis Senin dan Kamis saja. Selasa, Rabu dan Jumatnya masih bolong-bolong. Ketinggalan dari teman-teman yang lain yang benar-benar mengagumkan. So proud to know them…

Kenapa?

Setelah dipikir-pikir, menulis itu bukan sekedar menulis. Menulis itu adalah kemampuan berpikir yang menunjukkan kecerdasan literasi seseorang. Kalau katanya Ollie Salsabela di #PadiMeetUp Bandung, Kecerdasan Literasi ini ini mencakup kemampuan mendengarkan, menyampaikan informasi, menginterpretasi masalah, menggunakan logika, dan berpikir kritis.

Menulis itu satu paket utuh yang menunjukkan diri kita.

Saya belum bisa menuangkan tulisan sesuai target 1 postingan 1 hari, karena kemampuan menulis saya cukup lambat dan berantakan. Menulis tanpa kerangka dan ide utama apa yang mau ditulis. Ditambah dengan kebiasaan menulis sambil mencari data (Plus sosmed-an tentunya). Semua ini membuat kecepatan menulis menjadi sangat lambat. 1 artikel bisa menghabiskan waktu 5-6 jam sebelum di publish. Loncatan pikiran dari ide, pencarian data, menyiapkan alur, yang dibumbui chattingan di sosmed benar-benar kombinasi kebodohan yang sempurna.

Ini yang harus dilatih dengan lebih baik. Setelah membaca bukunya Monica Anggen tentang Outline, saya mulai mencoba membuat outline dalam bentuk tema utama dan ide-ide apa yang ingin disampaikan dalam bentuk kertas post it atau mind mapping. Ternyata benar juga, cara ini cukup efektif untuk menulis lebih cepat.

Daftar 99 postingan saya bisa dilihat dalam postingan The list of my #ODOPfor99days.

Setelah ini apa?

Liburan? Berleha-leha? Sepertinya tidak bisa karena kemarin sudah banyak sekali bolong. Setelah sempat hiatus semingguan karena laptop yang ngadat, kini semangat menulis kembali menyala-menyala. Sejumlah target baru telah disiapkan untuk mengisi semester 2 #ODOPfor99days yang berlangsung selama 20 minggu dari Agustus – Desember 2016. Insya Allah akan lebih baik daripada sebelumnya. Amin.

Shanty Dewi Arifin

Penulis yang suka berbagi Pengalaman dan Oleh-oleh dalam rangka belajar menjadi perempuan yang lebih baik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakatnya. Bergabung dengan komunitas: Blogger - Institut Ibu Profesional Bandung - Arsitektur ITB 93 - IATSS Forum 2003 - Akademi Menulis 5 Menara - #ODOPfor99days.

Leave a Reply

%d bloggers like this: