Belajar bersama di Rumah Belajar IIP Bandung

Sejak sekitar 2 tahun lalu, saya bergabung dengan sebuah komunitas yang digagas oleh seorang ibu keren dari Salatiga bernama Septi Peni Wulandani. Sebuah komunitas bernama Institut Ibu Profesional yang didirikan pada Desember 2011 dan kini telah memiliki koordinator di 24 kota di Indonesia (ditambah 1 koordinator untuk ASEAN). Saya nyangkut (baca: menyangkutkan diri) di komunitas ini  karena di sini kebutuhan saya untuk belajar bersama terpenuhi.

Sebenarnya bisa saja sih, saya sekedar membeli buku, membaca materi penting di website, dan mengikuti seminar atau pelatihan profesional untuk menambah wawasan sebagai seorang ibu. Tapi ternyata ada hal lain yang ditawarkan komunitas ini. Apa itu? Kebersamaan untuk belajar bareng dengan teman-teman yang keren-keren.

Dengan konsep inside-out (bukan film ya!) atau memenuhi dulu apa kebutuhan kita, baru kemudian kita bersama-sama untuk belajar, lahirlah sejumlah Rumah Belajar (RB) di IIP Bandung. Sederhananya, Kamu butuh apa? Mari kita buat.

Saya jadi teringat tulisan Nisa Nurarifah, Ketua IIP Bandung di status FB-nya. Gerakan RB semestinya didasari pada kebutuhan/passion sang inisiator. Sehingga orang yang pertama kali belajar di RB adalah pengelolanya. Orang lain tertarik untuk ikut, itu adalah bonus. Tak ada peserta yang lain pun, proses belajar tetap berjalan. Yang utama, adalah kita berkembang.. Be professional, let others to follow..

Dari diskusi-diskusi ringan di grup Whatsapp dan Facebook, kini IIP Bandung telah memiliki sejumlah RB bagi para ibu-ibu yang semangat belajarnya nggak mau kalah dari anak-anaknya. Bisa jadi juga para ibu-ibu ini ingin memberi contoh nyata pada keluarganya. Belajar itu adalah kebutuhan.

Bagaimana caranya mau maksa anak suka belajar kalau ibunya malas buat belajar.

Rumah Belajar IIP Bandung

Berikut beberapa Rumah Belajar (RB) di IIP Bandung:

#1 RB Boga

(Penanggung-jawab: Alnase & Nifah)

Kalau urusan masak, ibu-ibu pasti semangat. Jadi wajar saja kalau RB ini banyak diminati anggota IIP.  Kegiatan RB Boga diantaranya cooking class, membuka kesempatan perlu bekerja sama untuk pelatihan masakan tertentu di komunitas, hingga menerima pesanan catering dan makanan.

RB Boga
Kegiatan Cooking Class RB Boga
RB Boga bento
Mungkin ada yang perlu pelatihan buat Bento di Komunitasnya?

 

#2 RB Craft

(Penanggung-jawab: D Nita Purnama Sari & Shinta Rini)

Kalau punya tangan yang kreatif, bisa gabung nih dengan teman-teman di RB Craft. RB Craft ini yang bertanggung-jawab membuat ibu-ibu IIP jadi keranjingan decoupage. Cerita tentang kegiatan RB Craft bisa dibaca di sini.

RB Craft
Acara RB Craft membuat headpiece.

 

Decoupage
Semangat belajar Decoupage bersama. (Foto: Nita)

#3 RB Public Speaking

(Penanggung-jawab: Evi Suci & Lia)

RB Public Speaking adalah satu-satunya RB yang berbayar di IIP Bandung. Dengan Rp 150.000,- untuk 10x pertemuan (1 pertemuan/bulan) teman-teman akan belajar dari para nara sumber yang berpengalaman di bidang Public Speaking. Hingga saat ini RB PS telah mengadakan 2x pertemuan, yang pertama dengan Febrianti Almeera Komunitas Great Muslimah, dan kedua dengan Taruna Perdana Direktur Ganesha Public Speaking School.

Keanggotaan RB PS hanya dibuka sekali untuk satu periode 10 pertemuan. Untuk angkatan pertama terdiri dari 23 orang dengan 4 orang pengurus. Jadi yang telat bergabung, untuk sementara bisa cukup puas membaca oleh-oleh yang akan saya share di blog ini.

RB PS
Ibu-ibu angkatan 1 di pertemuan pertama RB Public Speaking IIP Bandung. Lumayan lah buat menambah stok MC acara-acara IIP.

#4 RB Menulis

(Penanggung-jawab: Shanty Dewi Arifin dan Lendy Kurnia)

Awalnya hanya bermula dari obrolan ringan di grup WA Bandung 2 yang terdiri dari sekitar 90-an orang yang ingin berlatih menulis secara konsisten. Dari sini lahirlah sebuah grup yang memiliki komitmen untuk berlatih menulis setiap hari selama 99 hari. Sejak program ini di share oleh Bu Septi di FB pribadinya, anggota grup ini tersebar di sejumlah kota di Indonesia dan beberapa negara.

Di RB ini tidak ada guru yang membimbing khusus, tapi mengundang beberapa penulis untuk mengadakan Kulwap 1 jam seperti Ahmad Fuadi, Adjie Silarus, dan Tasaro GK. Untuk ikut bergabung dan menyetorkan tulisan harian dari hari Senin-Jumat, bisa bergabung dengan group FB #ODOPfor99days.

#ODOPfor99days semester 2 dimulai sejak 1 Agustus 2016 – 15 Desember 2016. Selain setoran tulisan harian, kegiatan di semester 2 adalah kegiatan rutin 2 mingguan seperti: Kulwap dengan penulis buku, Sharing buku yang dibaca minggu ini, Sharing tulisan terbaik, dan Sharing tulisan terbaik temanku.

 

#5 RB Menjahit

(Penanggung-jawab: Ai Santiani & Nifah)

Untuk RB Menjahit, tidak tanggung-tanggung, gurunya rencananya di impor khusus dari Tangerang. Mbak Noor Widyaningsih dari IIP Tangerang bersedia membawa 5 mesin jahit portable untuk berbagi ilmu menjahitnya. Sebuah pelatihan padat dari pk 9.00 – 17.00 WIB, kita akan dikenalkan mesin jahit, mengukur badan, bikin pola, dan menjahit baju sampai jadi. Biayanya hanya Rp 100.000,- (untuk penggantian biaya kain 3m dan perlengkapan menjahit). Angkatan pertama dan kedua akan dilaksanakan pada 6 dan 7 Agustus 2016 di daerah Cigadung.

Sebelumnya RB Menjahit sempat mengadakan pelatihan bikin sarung bantal yang di smock. Teman-teman grup WA RB Menjahit juga biasa berbagi pola baju atau desain gamis dan kerudung.

RB Menjahit
Flyer salah satu kegiatan RB Menjahit

#6 RB Playdate

(Penanggung-jawab: Wiwik Wulansari & Miranti Ridla)

Punya anak balita yang pengen diajak jalan-jalan ke tempat-tempat seru? Bersama teman-teman di RB Playdate, kita bisa sama-sama jalan-jalan ke tempat-tempat yang biasanya lebih seru jika berombongan. Hingga saat ini RB Playdate telah berkunjung ke PuspaIptek Kota Baru Parahyangan, Dago Diary dan Panti Asuhan Bayi Sehat.

#7 RB Fun House

(Penanggung-jawab: Nca Nisa Nurarifah)

#8 RB Tahfiz

(Penanggung-jawab: Lela)

#9 RB Bisnis

(Penanggung-jawab: Ratih)

#10 RB Berkebun

(Penanggung-jawab: Alnase)

#11 RB Video Making

(Penanggung-jawab: Putri ‘Peoe’ Nur Annissa)

 

RB berdasarkan Lokasi

Selain RB berdasarkan keahlian, ada juga RB berdasarkan lokasi. Saat ini grup WhatApp IIP Bandung dibagi menjadi 2 grup berdasarkan lokasi domisili. Bagi yang rumahnya di sebelah selatan Rel Kereta Api masuk ke grup WA Bandung Selatan, dan yang rumahnya di sebelah utara Rel Kereta Api masuk ke grup WA Bandung Utara.

#1 RB Cikutra

(Penanggung-jawab: Nuraini)

Ini adalah RB tertua di IIP Bandung. Mulanya diinisiasi oleh Insania Zakia dan kini dilanjutkan oleh Nuraini. RB ini banyak diminati karena lokasi di Madrasah An-Nuur Jl. PHH Mustofa Gg Sukapada I Bandung yang mudah dijangkau dengan kendaraan umum dan terletak di tengah kota. RB Cikutra konsisten berbagi materi setiap Sabtu minggu ke-2 dengan tema-tema parenting yang menarik.

Nara sumbernya biasanya dari teman-teman IIP yang dinilai cukup kompeten untuk berbagi. Untuk hal ini, IIP Bandung punya banyak stok. Beberapa tema yang telah diangkat di RB Cikutra seperti Semua Anak Penting bersama Shinta Rini, Saya Suka Matematika bersama Dita Wulandari, atau Cerdas Finansial Sejak Dini bersama Isti Khairani.

#2 RB Cibiru

(Penanggung-jawab: Putri Uput Yudha Kusuma & Sita)

Untuk teman-teman di daerah Cibiru bisa belajar tahsin bersama Sita yang ngajinya terkenal ‘enakeun’ ini. Setiap Sabtu minggu ke-1, ke-2, ke-3, pk 9.00 – 12.00 WIB bisa berguru pada lulusan Institut Ilmu Al Quran ini. Sedangkan Diskusi Bunda Sayang dilaksanakan setiap Sabtu minggu ke-4.

Lokasi kegiatan RB Cibiru di Rumah Mumtaza, Kompleks Cibiru Asri Cibiru Wetan Cileunyi dan di Bumi Asri I Padasuka Bandung.

#3 RB Ciwastra

(Penanggung-jawab: Ocha Octavianti)

#4 RB Dago

(Penanggung-jawab: Isti Khairani)

Bagi yang hanya punya waktu luang di saat hari kerja, belajar ilmu-ilmu parenting (Bunda Sayang) bisa didapat di RB Dago. Pada Kamis minggu ke-3, di Bumi Inspirasi Jl. Cisitu, sejumlah teman akan berbagi ilmu. Seperti Mesa yang berbagi ilmu mengenai Melatih Kemandirian Anak atau Nisa mengenai Komunikasi Produktif.

#5 RB Cimahi

(Penanggung-jawab: Shofi N)

 

 

Siapa yang boleh ikut belajar di RB IIP Bandung?

Apakah harus menjadi anggota IIP untuk ikut berguru di RB IIP Bandung?

Sebenarnya IIP Bandung tidak (baca: belum) mengeluarkan kartu anggota untuk mengikat seseorang resmi sebagai anggota IIP. Setiap orang dapat mengakses informasi kegiatan IIP, resume-resume kegiatan, materi-materi keren dari grup WhatsApp dan grup Facebook Institut Ibu Profesional Bandung (public group). Jadi bisa dibilang kegiatan RB IIP bisa diikuti oleh siapa saja dan terbuka untuk ibu-ibu yang mau belajar bersama.

agenda iip bandung
Agenda September 2016 IIP Bandung dari FB Group IIP Bandung.

Agenda kegiatan bulanan IIP Bandung akan diposting Sekretaris IIP Bandung, Mesa Dewi di grup Facebook Institut Ibu Profesional Bandung. Kalau ingin bergabung dengan grup WhatsApp bisa menghubungi Wening Prihapsari di nomor HP 0858 7133 1050.

Diantos kasumpingannana di RB IIP Bandung Ibu-ibu…

Shanty Dewi Arifin

Penulis yang suka berbagi Pengalaman dan Oleh-oleh dalam rangka belajar menjadi perempuan yang lebih baik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakatnya. Bergabung dengan komunitas: Blogger - Institut Ibu Profesional Bandung - Arsitektur ITB 93 - IATSS Forum 2003 - Akademi Menulis 5 Menara - #ODOPfor99days.

One thought on “Belajar bersama di Rumah Belajar IIP Bandung

  • July 28, 2016 at 7:24 pm
    Permalink

    Assiikk,
    Rumah Belajar nya makin berkembang dan makin banyak.

    Semoga tumbuh subur pohonnya.
    Aamiin.

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: