Pengalaman Berenang di The Clover Grand Sharon Bandung

Kami ini sebenarnya bukan keluarga yang hobi olahraga. Apalagi berenang di tempat yang airnya dingin. Hanya saja Raka sejak mengikuti kegiatan berenang di sekolahnya, jadi mulai sering mengajak untuk berenang sekeluarga. Dan maunya harus di The Clover Sport Club yang terletak di Kompleks Perumahan Grand Sharon Jl. Inspeksi Cidurian Cipamokolan Bandung (jalan antara RS Al Islam dan Lotte Mart). Sudah dirayu untuk mencoba kolam renang lain yang lebih di tengah kota supaya kami yang tinggalnya di daerah Cidurian Utara tidak perlu menyeberang Jl. Soekarno Hatta yang ramai itu. Tapi Raka keukeuh maunya di Grand Sharon.

Memang ada apa dengan The Clover Grand Sharon sampai begitu memesona Raka?

Akhirnya pada Sabtu, 9 Juli 2016 lalu, sampai juga kami ke kolam renang di sebuah kompleks perumahan yang asri. Dan ternyata memang nyaman sekali berenang di sana. Sampai-sampai minggu berikutnya kami datang lagi. Mumpung masih liburan…

The Clover

Saat kami kesana, kolamnya tidak terlalu ramai. Nyaman sekali untuk keluarga. Mungkin karena kolam renang lingkungan perumahan. Tapi kalau lihat beberapa foto yang tersebar di media, memang ada juga masa-masa sangat ramai di kolam ini.

Saya sendiri sebenarnya tidak nyaman dengan kolam renang yang terlalu penuh orang dan hiruk pikuk. Bukan apa-apa, susah kalau mau ambil foto keluarga. Nggak enak rasanya, kalau kita terpaksa menjepret orang lain dalam pakaian renang. Atau malah kejepret foto orang lain, dan foto itu beredar luas di media massa. Rasanya kok malu ya. Bisa jadi sekedar efek badan jelek sih. Mungkin itu sebabnya beberapa kolam renang melarang orang mengambil foto di tempat umum. Ya iya lah, lu mau foto-foto apa berenang sih?

Kolam dan lingkungannya bersih dan asri. Di sekitar kolam terdapat bangku-bangku untuk kita duduk-duduk dan meletakkan barang-barang yang mudah dilihat dari arah kolam. Ada juga tempat duduk dalam pondok beratap kalau tidak mau kepanasan.

Bergaya dulu sebelum nyemplung di The Clover
Bergaya dulu sebelum nyemplung di The Clover

Kolam ini terletak ditengah-tengah perumahan dengan dibatasi pagar yang tidak terlalu tinggi. Jadi para penghuni perumahan di sekitar kolam, bisa melihat orang-orang yang berenang di kolam renang. Atau sebaliknya, kita juga bisa melihat jemuran penghuni sekitar dari atas seluncuran. Raka dan Sasya langsung nodong Abah pengen punya rumah di Grand Sharon. Ehm…. Mama juga ikut nodong ah.

Ada Apa Saja di The Clover?

Kolam anak di Grand Sharon ini dilengkapi dengan 3 seluncuran air. Satu yang tinggi, satu yang lebih rendah tapi lebar, dan satu seluncuran untuk bayi. Sasya di umur 6 tahunnya ini, belum berani meluncur di seluncuran dan terjebur ke air. Paling ia hanya berani naik seluncuran dari bawah untuk kemudian meluncur sampai ujung seluncuran, tapi tidak sampai tercebur ke air. Kalau ada yang mau meluncur dari atas, paling Sasyanya diangkat dulu biar tidak mengganggu orang lain. Nah ini enaknya kalau kolam renang tidak terlalu ramai. Serasa punya sendiri.

Sasya cuma bergaya nih. Masih takut untuk tercebur langsung ke dalam air.
Sasya cuma bergaya nih. Masih takut untuk tercebur langsung ke dalam air.

Oh iya, ada ban besar yang bisa di sewa untuk bermain seluncuran. Yang saya lihat sih hanya ada 3. Sewanya kalau tidak salah Rp 10.000,-. Kalau untuk papan seluncur tidak disediakan untuk pengunjung, tapi hanya untuk yang les privat.

Di kolam anak, ada juga ember tumpah dalam rumah-rumahan kecil. Lumayan lah buat basahin kepala anak-anak yang nggak mau masuk ke dalam air.

Kolam anak di The Clover hanya setinggi dada Sasya

Walau tidak ada air hangat di kolam ini, anak-anak bisa betah berenang sekitar 3 jam. Di sini Sasya bisa bergaya ala si kelinci Judy Hopps yang tengah tes ketangkasan menjadi polisi di Zootopia. Dimulai dengan seluncur di kolam, lari di dalam air, berayun di palang, menahan tumpahan ember tumpah, panjat tebing mini dan diakhiri dengan lari keliling kolam. Habis itu nyemplung lagi deh.

Sudah lama nggak panjat tebing nih

Waktu kami kesana, fasilitas kantin tidak ada yang menjaga. Jadi ada baiknya bawa makanan sendiri. Sempat terpikir apa karena pengunjung kolam kebanyakan penghuni yang rumah dekat, jadi bisa makan di rumah dan tidak perlu di kantin. Dua kali kami ke sini, selalu tutup kantinnya. Kalau perlu cemilan, ada di mini market sebelah kolam renang. Belinya sebelum masuk kolam ya.

Berapa Harga Berenang di The Clover?

Untuk berenang, tiketnya Rp 50.000,-/orang di weekend, dan Rp 40.000,-/weekdays. Umur diatas 1 tahun harus bayar. Pengantar yang tidak berenang juga harus bayar. Kolam ini buka dari pukul 8.00 – 17.00 WIB. Tapi kalau anak-anak ternyata kekuatannya sekitar 3 jam saja.

Biaya member 3 bulan Rp 1.000.000,- dan 12 bulan Rp 3.000.000,- untuk personal. Sedangkan untuk keluarga yang terdiri-dari 2 orang tua dan 2 anak usia dibawah 17 tahun dikenakan biaya member 3 bulan Rp 3.000.000,- dan 12 bulan Rp 7.000.000,-.

Kalau mau les renang dengan pelatih berpengalaman, bisa bergabung dengan Maestro International Swim. Pendaftarannya Rp 100.000,-. Paket privat untuk 1 pelatih 1 siswa, biayanya Rp 350.000,-/4 kali pertemuan dan Rp 650.000,-/8 pertemuan. Jadi kepikiran sih buat mengikutkan Raka dan Sasya les berenang. Ternyata untuk 2 siswa harganya lebih murah. Lumayan lah bisa hemat Rp 50.000,- per anak. Ada juga kelas yang terdiri-dari 5-10 siswa dengan biaya Rp 250.000,-/4 pertemuan.

Sempat heran juga, bagaimana ceritanya sekolah Raka yang uang kegiatannya tidak terlalu mahal bisa berenang ditempat ini. Menurut Pak Aris, guru olahraga sekolah Raka, biaya per anak untuk rombongan ternyata hanya Rp 15.000,-/anak. Guru pendampingnya gratis. Memang ada diskon khusus untuk rombongan di atas 20 orang katanya. Info lebih lanjut bisa menghubungi The Clover Sport Club di nomor 022 8730 1034 atau BBm : 588 DD 38D.

Ruang gantinya cukup bersih dan luas. Ada air hangatnya lagi. Penting ini buat orang-orang berbadan tipis yang tidak tahan dingin seperti saya.

Waktunya berjemur. Atau terkapar kecapaian?

Selain berenang, di The Clover Sport Club ini menyediakan juga fasilitas lapangan badminton dan Futsal. Info lebih lengkapnya bisa dilihat di Website, Facebook, dan Instagram The Clover Sport Club. Lengkap lah. Di sana sering ada promo-promonya loh. Seperti beberapa promo menarik bulan Juli 2016:

* MEMBERSHIP
GSR. : Discount 50%
Umum : Discount 30%

* Tiket masuk Weekday & weekend
GSR. : Discount 25%(menunjukkan ktp/ipl yg beralamat GSR)

* Ladies Day(selasa)🚺
GSR/Umum : Discount 50% ( khusus perempuan)

* Paket Rame Rame ( weekday)
Umum : 5 org ( 150 RB)

* Two is Better (jumat)
GSR / Umum : 50 RB ( couple )jam : 15.00-19.00

Dimana sih The Clover?

Mengenai akses ke Grand Sharon, ternyata tidak sejauh yang kami duga. Kami tidak perlu memutar sampai ke Gedebage untuk sampai ke Jl.Inspeksi Cidurian. Untuk warga tengah kota Bandung, bisa masuk melalui Metro Indah Mall dan keluar lewat belakang, melalui Jl. Margahayu Raya menuju Borma Rancabolang. Kemudian tinggal menyusuri Jl.Mars Utara dan Jl.Merkuri Utara. Setelah itu ketemu deh Jembatan yang melalui Sungai Cidurian. Gerbang Grand Sharon tidak jauh dari jembatan ini. Masih tetanggaan sama Balai Besar Wilayah Sungai Citarum. Kalau bingung, buka google map saja ya.

Lokasi The Clover Sport Club Grand Sharon Bandung
Lokasi The Clover Sport Club Grand Sharon Bandung

Berenang di The Clover Sport Center Grand Sharon memang bikin ketagihan. Dari keluarga yang jarang berenang, kami jadi berencana bikin kegiatan berenang bulanan. Mama bahkan mau beli baju renang juga nih. Bila perlu sekalian ikut kursus renang juga sepertinya.

Buat yang masih penasaran sama The Clover, berikut bisa lihat suasana di sana dalam tayangan YouTube berikut.

Selamat main air teman-teman!!!

 

(1050 kata)

Shanty Dewi Arifin

Penulis yang suka berbagi Pengalaman dan Oleh-oleh dalam rangka belajar menjadi perempuan yang lebih baik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakatnya. Bergabung dengan komunitas: Blogger - Institut Ibu Profesional Bandung - Arsitektur ITB 93 - IATSS Forum 2003 - Akademi Menulis 5 Menara - #ODOPfor99days.

4 thoughts on “Pengalaman Berenang di The Clover Grand Sharon Bandung

  • July 22, 2016 at 3:30 pm
    Permalink

    Setuju teh buat ngedaftarin Sasya n Raka les berenang dari sekarang. Saya dulu les renang pas masih kecil juga, dari kelas 2 SD. Adik saya, sejak TK. Ngebantu banget buat penyembuhan sakit sesak yang dia alami. Bermain air menyenangkan banget. Kalau sekarang, udah gak pernah renang. Nanti aja ngajarin anak2 renang, InsyaAllah, hihi

    Reply
    • July 27, 2016 at 5:49 am
      Permalink

      Iya Mes, kayanya seru juga kalau ibunya bisa ngajarin anak-anaknya berenang.

      Reply
  • November 17, 2016 at 1:29 pm
    Permalink

    Kebetulan lagi nyari tempat les buat Marwah berenang, kayaknya disini aja deh

    Reply
  • July 7, 2017 at 5:56 pm
    Permalink

    Tadi (Jumat sore) 1 dewasa 2 anak-anak, totalnya cuma bayar 72 ribu. Murah juga ya. Gak tahu detil hitungannya.

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: