My Learning Style, Nice HomeWork #5 Kelas Matrikulasi Ibu Profesional

Pada minggu ke-6, kami mendapatkan PR untuk mengenal cara belajar diri sendiri dalam beberapa tahap. Materi #5 Kelas Matrikulasi mengenai Belajar Bagaimana Caranya Belajar bisa dibaca dalam postingan sebelum ini.

 

Tahap 1 Gaya belajar di masa lalu

Belajar formal saya lalui hingga usia 23 tahun, dari TK hingga pendidikan S1. Saya cenderung suka mendapatkan informasi selengkap mungkin untuk kemudian diringkas. Tanpa melihat persoalan secara utuh, saya menjadi kesulitan untuk memahami sebuah materi. Ini yang menyebabkan saya perlu waktu yang cukup lama untuk memahami sebuah materi baru. Saya biasa belajar sendiri pada awalnya, baru setelah itu dibahas dalam kelompok.

 

Tahap 2 Gaya belajar masa sekarang

Di dunia kerja dan rumah tangga, gaya belajar saya menjadi lebih langsung ke praktek. Belajar langsung sesuai kebutuhan yang dirasa penting saat itu.  Saya sangat suka membaca buku dan selalu merasa kehausan ilmu. Sayangnya dengan anak 2 yang seringkali kebutuhannya tidak bisa diprediksi, membuat waktu untuk belajar ini tidak seleluasa sebelumnya.

Minat saya selama ini masih tidak jauh-jauh dari Pengembangan diri untuk pola hidup seimbang, Manajemen rumah tangga, dan Pengasuhan anak-anak. Membaca, Menulis, Bicara, dan Mendengarkan saya gunakan sebagai sarana untuk memberikan pemahaman yang lebih utuh terhadap materi yang dipelajari.

 

Tahap 3 Proses belajar saat ini

Sebagai seorang individu, ibu dan istri, serta anggota masyarakat, ada banyak ilmu kehidupan yang saya perlukan. Sumber informasi saya adalah dari bahan bacaan seperti buku, artikel, video, menghadiri seminar, dan perbincangan sehari-hari dengan orang-orang yang lebih berpengalaman. Informasi ini biasanya saya bagi dengan orang-orang terdekat seperti suami. Kini saya tambah dengan menuliskannya di blog.

Dengan menulis, pemahaman terhadap suatu materi menjadi lebih dalam dibanding hanya dengan mendengarkan atau membaca.

Cone of Learning
Cone of Learning (Sumber: https://becomempowered.files.wordpress.com)

 

Tahap 4 Proses Review

Saya cukup nyaman dengan gaya belajar yang sekarang dengan mendiskusikan materi bersama suami, mempraktekkannya dalam keseharian, menuliskan dan membaginya pada orang lain. Dan pemahaman tertinggi  tetap di doing the real thing alias praktek dalam keseharian secara konsisten selama 99 hari. PRnya masih di disiplin diri dan konsisten melakukannya dalam waktu yang cukup.

Pembahasan mengenai Nice HomeWork #5  ditulis dalam postingan setelah ini.

Shanty Dewi Arifin

Penulis yang suka berbagi Pengalaman dan Oleh-oleh dalam rangka belajar menjadi perempuan yang lebih baik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakatnya. Bergabung dengan komunitas: Blogger - Institut Ibu Profesional Bandung - Arsitektur ITB 93 - IATSS Forum 2003 - Akademi Menulis 5 Menara - #ODOPfor99days.

Leave a Reply

%d bloggers like this: