My Curriculum, Nice HomeWork #3 Kelas Matrikulasi Ibu Profesional

Tulisan ini dibuat dalam rangka Nice HomeWork #3 Kelas Matrikulasi Ibu Profesional. Materi Kelas Matrikulasi #3 mengenai Mendidik dengan Fitrah Berbasis Hati Nurani dapat di baca pada postingan sebelum ini.

My Mission

Quotes dari Stephen Covey
Quotes dari Stephen Covey (Sumber: https://thesevenhabitshb.files.wordpress.com)

Jika bicara soal misi hidup, saya jadi teringat ajakan almarhum Stephen Covey yang terkenal dengan bukunya The 7 Habits of Highly Effective People dan The 8th Habit. Coba pikirkan mengenai hari pemakamanmu. Bayangkan suasananya. Apa yang ingin kamu dengar dari orang-orang yang menyampaikan Eulogi (ucapan penghormatan kepada orang yang meninggal)? Kamu ingin dikenang sebagai apa?

Sebuah imajinasi yang cukup membuat mata berkaca-kaca.

Saat ini, saya ingin dikenal sebagai seorang individu yang berbahagia dan menikmati hidupnya, sebagai seorang ibu dan istri yang berusaha memberikan yang terbaik bagi keluarganya, dan sebagai seorang penulis yang produktif. Itu misi hidup saya.

My Role

Dari misi tersebut, saya memiliki 3 peran yang saling berkaitan erat yaitu (1) sebagai individu  yang harus merawat dirinya (myself), (2) ibu dari anak usia 6 dan 9 tahun dan istri dalam keluarga (my family), dan (3) anggota masyarakat yang berusaha berarti dalam bidang yang diminatinya yaitu menulis (my community).

Kemudian peran ini, saya turunkan menjadi indikator dalam tugas Nice HomeWork #1. Idealnya untuk peran (1) saya alokasikan waktu hingga 11 jam/hari. Untuk peran (2) sekitar 6 jam/hari. Dan peran (3) sekitar 7 jam/hari.

My Milestones

Dari awal, saya selalu membagi perjalanan hidup saya per 7 tahun. Seperti dituliskan dalam About My bio di blog, saat ini saya berada di 7 tahun ke-6 dalam hidup saya. Di masa ini saya menetapkan KM 0 pada usia 40 tahun pada September 2015. Setelah sebelumnya dari usia 30 – 38 tahun fokus saya pada perkembangan anak-anak, kini setelah anak terkecil telah cukup mandiri dan bersekolah (usia 5 tahun), saya memiliki waktu lebih untuk bisa mengembangkan diri secara lebih utuh.

Jika dianalogikan seperti menyiapkan rumah masa depan, berikut perencanaan hidup saya:

Usia 40 – 42 tahun: Mengumpulkan bahan bangunan. Saya fokus untuk mengumpulkan sejumlah modal berharga dalam bentuk ilmu, pengalaman dan jaringan. Bukan uang.

7 tahun ke-7 (usia 42 – 49 tahun): Mulai membangun pondasi dan struktur bangunan yang kokoh. Dengan modal bahan yang cukup, Insya Allah saya siap untuk merintis sebuah usaha yang saya banget.

7 tahun ke-8 (usia 49 – 56 tahun): Waktunya memberi dinding dan atap dengan mengembangkan usaha di tingkat yang lebih luas.

7 tahun ke-9 (usia 56 – 63 tahun): Melakukan finishing, mengisi rumah dengan furniture, serta menata tamannya. Di sini saatnya mengalami tantangan Good to Great dari sebuah usaha.

7 tahun ke-10 (usia 63 – 70 tahun): Menikmati tinggal di rumah impian dengan terus berkarya bagi orang lain dengan menulis.

My Curriculum

Untuk ke-3 peran diatas, ilmu dan praktek yang saya butuhkan sebagai ‘bahan bangunan’ dalam 2 tahun ke depan adalah:

Untuk peran (1) : praktek pola hidup sehat seimbang dengan memiliki catatan perkembangan harian.

Untuk peran (2) : merekam catatan Quality time dengan keluarga dan manajemen rumah tangga (chores) dengan melibatkan keluarga.

Untuk peran (3) : praktek berkomunikasi dengan orang banyak dalam bentuk berorganisasi, menulis, berbicara dan mendengar. Untuk percepatan belajar, saya berusaha banyak belajar dari orang-orang yang saya nilai telah berhasil dibidang tersebut. Metodenya adalah dengan mencatat dan mengevaluasi praktek yang dilakukan.

(350 Words)

Shanty Dewi Arifin

Penulis yang suka berbagi Pengalaman dan Oleh-oleh dalam rangka belajar menjadi perempuan yang lebih baik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakatnya. Bergabung dengan komunitas: Blogger - Institut Ibu Profesional Bandung - Arsitektur ITB 93 - IATSS Forum 2003 - Akademi Menulis 5 Menara - #ODOPfor99days.

2 thoughts on “My Curriculum, Nice HomeWork #3 Kelas Matrikulasi Ibu Profesional

  • May 28, 2016 at 11:06 pm
    Permalink

    Rajin nulis tentang keeharian yaa, teh?
    Ada buku khusus atau dicatat di poster yang ditempel di kamar gitu teh?

    Reply
    • May 29, 2016 at 4:58 am
      Permalink

      Pernah yang ditempel di dinding untuk ceklist mingguan. Cuma sekarang lagi suka yang daily to do dalam bentuk lembaran kertas yang di klip aja.

      Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: