Kelas Matrikulasi Ibu Profesional Batch 1

Program  Matrikulasi Ibu Profesional Batch#1 adalah program kuliah  koordinator kota, fasilitator  serta pengurus setiap rumah belajar di Institut Ibu Profesional agar memiliki kompetensi ilmu-ilmu dasar menjadi seorang “Ibu Profesional” yang menjadi kebanggaan keluarga dan komunitas.

Materi diberikan dalam sebuah grup WhatsApp, yang dimulai pada 9 Mei 2016 selama 10 pekan. Ada 10 materi menarik yang disampaikan setiap senin pagi oleh Bu Septi Peni Wulandani sebagai penggagas Komunitas Institut Ibu Profesional.

Peserta bisa memulai diskusi kapanpun, interaktif dengan sesama peserta. Narasumber akan hadir jam 20.00 – 21.00 WIB untuk berdiskusi langsung dengan peserta. Pada Selasa pagi, akan diberikan “nice homework” yang harus dikerjakan peserta dalam minggu itu untuk memberikan pemahaman lebih mendalam terhadap materi yang telah diberikan sebelumnya.

Kelas ini adalah kelas berbayar dengan investasi sebesar Rp 100.000,-/orang sekaligus sebagai biaya membership IIP seumur hidup dengan distribusi dana 10% untuk Sejuta Cinta Pusat, 20% kembali ke IIP Kota sebagai kas kota, dan 70% untuk IIP Pusat sebagai biaya pengembangan program.

Untuk Batch #1 peserta yang mendaftar sekitar 140 orang dari sejumlah kota baik Indonesia maupun negara lain.

 

Pertanyaan-pertanyaan seputar Kelas Matrikulasi:

#1 Bentuk gambaran teknis di ruang belajar WA bagaimana?
Jawaban:
silakan lihat gambarannya disini Padepokanmargosari.com

#2 Bagaimana jika ketua/leader passion club tidak aktif?
Jawaban:
Inilah sarana belajar biar semua bisa aktif, karena di kelas memang dituntut keaktifan belajar semuanya, nanti kita lihat imbasnya di kota.

#3 10 minggu berarti termasuk ramadhan dan syawal?
Jawaban:
Kalau hitungannya iya, tapi khusus ramadhan, kita atur ulang jadwalnya, dan off di 10 hari terakhir Ramadhan + 10 hari awal di syawal.

#4 Saya nggak daftar karena bayi saya sudah mulai banyak eksyennya. Kalau saya pegang hape dia nangis.
Jawaban:
Nggak apa-apa, ambil skala prioritas dulu, kalau tetap mau ikut toh tidak setiap hari harus pegang hape, hanya saat Senin dan ngumpulin tugas saja. Nggak perlu mantengin hape seharian selama program

#5 Apakah ada konsekuensi tertentu jika pada saat kuliah wa ( senin) tidak bisa hadir atau belum ngirim tugas pada waktu yang telah ditentukan?
Jawaban:
Nanti ada tugas-tugas tertentu yang menentukan teman-teman bisa lanjut ke materi selanjutnya apa kembali menunggu batch #2.

Yang sangat diperlukan bukan absensi kehadiran melainkan partisipasi aktif teman-teman untuk membuat portofolio selama mengikuti program ini, dengan dilihat tugas-tugas yang terkumpul di koordinator.

 

Pesan dari Bu Septi

Teman-teman, matrikulasi memang tidak ringan, ini bukan forum yang hanya sekedar menerima materi saja dan selesai. Ada banyak komitmen dari sebuah ilmu yang teman-teman harus praktekkan. Saya dedikasikan waktu saya untuk menemani langkah teman-teman. Maka siapa yang bersungguh-sungguh insya Allah akan sampai. Apalagi kapasitas anda adalah koordinator. Harus punya komitmen dan konsistensi yang lebih tinggi dibandingkan para member yang lain.

Ini memang akan terjadi seleksi alam, sehingga buat teman-teman yang “merasa” tidak kuat lanjut di program matrikulasi dengan berbagai alasan, dan akan memilih ikut batch berikutnya, kami persilakan untuk diputuskan sampai besok jam 12,00. Setelah itu artinya anda siap naik kapal bersama sampai tujuan, dan mesti SELESAI dengan segala konsekuensi.

 

Materi kelas Matrikulasi batch 1

Materi yang diberikan adalah sebagai berikut:

#1 [Overview Ibu Profesional] Menjadi Ibu Profesional Kebanggaan Keluarga (Senin, 9 Mei 2016)

#2 [Bunda Sayang] Membangun Peradaban dari dalam Rumah (Senin, 16 Mei 2016)

#3 [Bunda Sayang] Mendidik dengan Fitrah, berbasis Hati Nurani (Senin, 23 Mei 2016)

#4 [Bunda Cekatan] Ibu Manajer Keluarga (Senin, 6 Juni 2016)

#5 [Bunda Cekatan] Belajar Bagaimana Caranya Belajar (Senin, 13 Juni 2016)

#6 [Bunda Produktif] Rejeki itu Pasti, Kemuliaan harus dicari (Senin, 20 Juni 2016)

#7 [Bunda Produktif] Menemukan misi spesifik hidup (Selasa, 19 Juli 2016)

#8 [Bunda Shaleha] Ibu sebagai Agen Perubahan (Senin, 1 Agustus 2016)

#9 [Komunitas] Membangun Komunitas, Membangun Peradaban (Selasa, 9 Agustus 2016)

#10 [Komunitas] Manajemen Mengelola Komunitas (Kamis, 18 Agustus 2016)

 

Kenapa perlu ikut kelas Matrikulasi?

Ini sebuah pertanyaan mendasar dari setiap ilmu yang akan saya pelajari. Apa manfaat dan target yang perlu saya raih dalam kelas ini? Tujuan saya mengikuti kelas ini adalah untuk mendapatkan materi yang utuh dan terarah dari komunitas Ibu Profesional.

Saya telah bergabung di grup WhatsApp komunitas ini sejak sekitar tahun 2015 dan merasa nyaman dengan bergabung dengan teman-teman yang memiliki satu semangat untuk memberikan yang terbaik bagi keluarganya. Namun saya merasa belum mendapatkan materi yang runtut dan menyeluruh. Sepertinya dalam setahun terakhir ini sekedar mengenal IIP secara umum. Dengan mengikuti kelas matrikulasi, saya merasa masuk kuliah beneran sebagai mahasiswa Institut Ibu Profesional.

Kalau semasa kuliah di ITB, ada istilahnya TPB atau Tahap Persiapan Bersama dengan mempelajari ilmu-ilmu umum pada 1 tahun pertama. Baru pada setahun kemudian masuk jurusan yang masing-masing dengan ilmu yang lebih terarah dan spesifik. Nah, kelas matrikulasi ini adalah tahap masuk ke jurusan yang sebenarnya.

Target saya di kelas ini adalah memahami setiap materi yang diberikan dengan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan sebaik-baiknya, untuk segera bisa diaplikasikan dalam keluarga. Insya Allah dalam 10 pekan ke depan, saya telah memiliki dasar ilmu yang baik untuk bisa menjadi pribadi, ibu dalam keluarga, dan anggota masyarakat yang lebih profesional dan bermanfaat bagi orang lain. Amin.

 

Shanty Dewi Arifin

Penulis yang suka berbagi Pengalaman dan Oleh-oleh dalam rangka belajar menjadi perempuan yang lebih baik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakatnya. Bergabung dengan komunitas: Blogger - Institut Ibu Profesional Bandung - Arsitektur ITB 93 - IATSS Forum 2003 - Akademi Menulis 5 Menara - #ODOPfor99days.

11 thoughts on “Kelas Matrikulasi Ibu Profesional Batch 1

  • January 17, 2017 at 4:38 pm
    Permalink

    Mb shanty, adakah IIP utk wilayah Pekanbaru?

    Reply
  • February 7, 2017 at 7:41 am
    Permalink

    Mba klo untuk daerah Bandung bagaimana caranya untuk ikut bergabung menjadi member IIP. Terimakasih

    Reply
    • February 7, 2017 at 8:52 am
      Permalink

      Untuk menjadi member IIP melalui Kelas Matrikulasi yang dibuka 1 tahun 3x. Informasinya bisa dilihat di sosmed Ibu profesional dan Ibu Profesional Bandung. Untuk orang Bandung, sambil menunggu pembukaan Kelas Matrikulasi bisa mengikuti informasi kegiatan-kegiatan yang diadakan sejumlah Rumah Belajar IIP Bandung. Informasinya bisa diikuti di FB Group Institut Ibu Profesional Bandung.

      Reply
  • February 24, 2017 at 6:53 pm
    Permalink

    Kalau untuk daerah surabaya apakah ada IIP juga bu?

    Reply
  • March 5, 2017 at 2:00 pm
    Permalink

    IIP pasuruan jatim apa ada??saya ingin skali bergabung
    Trima kasih

    Reply
  • March 10, 2017 at 3:15 pm
    Permalink

    Mba, kalau ada informasi dibuka matrikulasi batch4 saya mohon diberitahu ya mba, fanpage FB IIP sepertinya kurang aktif mba banyak pertanyaan yang belum dijawab oleh admin. terima kasih mba 🙂

    Reply
    • March 11, 2017 at 4:15 pm
      Permalink

      Sepertinya harus rajin memantau sendiri Tiara, karena adminnya pasti akan kerepotan kalau untuk mengingatkan satu demi satu. Peserta Matrikulasi itu mencapai ribuan orang. Kelas Matrikulasi akan dibuka 3x setahun, jadi mungkin pengumumannya akan ada di bulan Desember, April, Agustus. Sosmednya IIP itu ada banyak. Ada yang pusat dan ada yang tiap kota. Untuk Bandung, informasi IIP ada di FanPage, Group FB, Instagram dan Twitter.

      Reply
      • March 11, 2017 at 4:19 pm
        Permalink

        Terima kasih Mba shanty infonya 🙂

        Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: