Materi Akademi Menulis 5 Menara

Di akhir tahun 2013, Ahmad Fuadi pengarang Trilogi 5 Menara memberikan angin surga dengan membuka kelas menulis bagi siapa saja yang berminat untuk belajar menulis. Dan GRATISAN. Sebagai fans Negeri 5 Menara dan pecinta ilmu gratisan, wajib dong buat saya mengirimkan aplikasi untuk seleksi kelas ini. Syaratnya nggak repot kok, cuma diminta menulis essay pendek tentang Opini terhadap Trilogi 5 Menara dan Kenapa ingin belajar menulis di Akademi Menulis 5 Menara (AM5M).

Ternyata karena peminatnya banyak, diadakan seleksi tahap kedua. Seleksi tahap kedua berupa essay tentang Pandangan terhadap kelas AM5M yang akan diadakan.

Kompas AM5M
AM5M di Nama dan Peristiwa Kompas, 17 April 2014. Pertama kali muncul di Kompas, walau statusnya saja (#norak mode on)

Alhamdulillah saya lolos bersama 25 teman-teman lain. Bangga banget rasanya. Apalagi ketika beritanya dimuat di kolom Nama dan Peristiwa Kompas.

Kelas Akademi Menulis 5 Menara (AM5M) adalah sebuah kelas yang dilaksanakan di Kantor Komunitas 5 Menara Bintaro. Seluruhnya terdiri dari 12 pertemuan. Rencananya pertemuan diadakan setiap 2 minggu sekali, tapi pada kenyataannya pertemuan mengikuti jadwal kesibukan Pak Guru. Ada juga kelas yang diadakan di Gramedia Matraman dengan materi mengenal dunia penerbitan.

12 pertemuan di kelas AM5M

Materi dari setiap pertemuan di AM5M sebenarnya sudah saya tuliskan di blog Shantybelajarmenulis.blogspot.co.id. Untuk memudahkan, link dari setiap pertemuan saya cantumkan di bawah ini.

Pertemuan #1: Mengapa saya menulis, 20 April 2014

Setelah mengalami banyak penundaan karena kesibukan Pak Guru Ahmad Fuadi, kami akhirnya bisa berkumpul di kelas perdana pada 20 April 2014. Hampir semua di antara peserta adalah orang-orang yang belum pernah bertemu dengan the famous Ahmad Fuadi. Wajar dong kalau agak pada norak minta tanda tangan dan tanya-tanya soal Negeri 5 Menara. Cerita tentang perjalanan Pak Guru menulis buku fenomenal itu bisa dibaca di Post Perjalanan Penulisan Buku Negeri 5 Menara.

Pada pertemuan pertama ini Pak Guru juga menayangkan sebuah video yang sangat membakar semangat kita sebagai (calon) penulis. Betapa menulis bisa membawanya ke mana-mana dan menjadi seperti saat ini.

Yang pertama yang perlu dipikirkan sebelum memutuskan menjadi penulis, Pak Guru mengajak anak-anak muridnya untuk merenungkan pertanyaan Mengapa Saya Menulis.

Pertemuan #2: Apa yang akan saya tulis, 10 Mei 2014

Pertemuan #3: Bagaimana memulai menulis, 1 Juni 2014

Pertemuan #4: Membangun Karakter, 29 Juni 2014

Foto santai di ruang kelas
Foto santai di ruang kelas. Kelakuan ketika Pak Guru tidak di kelas.

Pertemuan #5: Plot, 12 Juli 2014

Pertemuan #6: Setting, 16 Agustus 2014

Pertemuan #7: Dialog, 6 September 2014

Pertemuan #8: Editing dan Revisi, 21 September 2014

Foto santai di depan kelas
Foto santai di depan kelas

Pertemuan #9: Desain dan Promosi, 25 Oktober 2014

Pertemuan #10: Kunjungan ke Gramedia Matraman, 29 Oktober 2014

Pertemuan #11: Tema, 7 Desember 2014

Pertemuan #12: Penulis tamu Agustinus Wibowo, 27 Desember 2014

Bersama Agustinus Wibowo di pertemuan ke-12
Bersama Agustinus Wibowo di pertemuan ke-12

Ramadan Undercover

Ramadan Undercover
Ramadan Undercover, Gramedia 2014

Untuk mengaplikasikan pelajaran yang didapatkan di AM5M, kami juga berkesempatan membuat sebuah ontologi Ramadan Undercover yang dipersiapkan dalam waktu super kilat karena mengejar momen Ramadan saat itu. Dalam proyek ini kami juga sekaligus belajar mengenai bagaimana membuat konsep buku untuk penerbit. Contoh konsep buku yang kami kirimkan untuk buku Ramadan Undercover ke penerbit Gramedia bisa dilihat dalam postingan Pentingnya Konsep Buku untuk Menembus Penerbit.

Demikian lah resume selama berguru di AM5M. Kalau mau bertanya kapan diadakan lagi angkatan dua, langsung saja mention Pak Guru di Twitternya @Fuadi1.

Selamat belajar menulis dan semoga bermanfaat.

Shanty Dewi Arifin

Penulis yang suka berbagi Pengalaman dan Oleh-oleh dalam rangka belajar menjadi perempuan yang lebih baik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakatnya. Bergabung dengan komunitas: Blogger - Institut Ibu Profesional Bandung - Arsitektur ITB 93 - IATSS Forum 2003 - Akademi Menulis 5 Menara - #ODOPfor99days.

2 thoughts on “Materi Akademi Menulis 5 Menara

  • April 20, 2016 at 2:09 pm
    Permalink

    Waaah… Asyik sekali bisa belajar langsung sama Bang Fuadi. Saya baca trilogi 5 menara. Ada pelajaran menulis juga di dalam novelnya. Suka banget 😀

    Reply
  • April 20, 2016 at 4:04 pm
    Permalink

    Waaaaaaah serunyaaa. beruntung sekali bisa bertemu dan belajar dengan penulisnya langsunggg. Aku ijin belajar dr postingan-postingannya Mak Santi aja yaaaaa. Hihihiii. Makasi sharingnya ya Maaaak

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: