Oleh-oleh Ngobrol Kece bersama dr. David DF Clinic

Dokter kesayangan para Blogger Bandung, dr. David Budi Wartono dari DF Clinic kembali bagi-bagi ilmu cantik dalam acara Ngobrol Kece, Body Aesthetic dan Kesehatan Tubuh. Karena saya sudah bosan jadi orang nggak cantik, datanglah saya ke acara Ruang Notre Dame di Hotel Best Western Premier La Grande pada Senin, 21 Maret 2016 lalu. Selain penasaran dengan hotel baru di depan BIP Jl. Merdeka ini, jujur saya penasaran juga dengan cara pandang dokter menghubungkan antara kecantikan dan kesehatan.

Testimoni

Acara dimulai sekitar pukul 9.00 dengan testimoni teman-teman yang telah melakukan perawatan kecantikan di DF Clinic. Ada Kang Ali Muakhir yang cerita tentang perawatan rambut tipisnya, Efi Fitriyyah yang cerita tentang mengenali alergi yang membuatnya berjerawat, dan Nchi Hanie yang bercerita tentang pola hidup sehat untuk cantik.

Kesimpulan dari ketiganya, cantik itu bukan sekedar mengoleskan krim mahal di wajah atau bagian tubuh yang bermasalah. Tapi ada yang lebih dalam dari itu semua. Cantik itu berawal dari tubuh yang sehat. Dalemannya benerin dulu, baru luarnya mengikuti.

Ah teori, bagaimana prakteknya? Siapa yang percaya kalau yang bicara cuma Blogger.

Tapi kalau yang ngomong dr. David yang sudah memiliki sertifikat ahli kecantikan dari Amerika dan beberapa negara lain untuk urusan kecantikan dan sudah berpraktek lama bikin orang se-Bandung raya ini jadi cantik, baru deh kita mau percaya.

Mengadu ke dr. David

Dipandu oleh MC asyik, Raja Lubis dari #BloggerBDG, maka dipanggillah pengisi acara utama pagi itu.

“Apa sih masalah kecantikan kalian?” tanya dr. David membuka acara.

Dan mengadulah para peserta dengan keluhan kecantikan sejuta umat seperti: alergi, pori-pori besar, kegemukan, rambut rontok, kulit kusam, dan lain-lain. Dan dengan sabarnya, dokter lulusan Universitas Maranatha yang baik hati dan tidak sombong ini berusaha memuaskan rasa ingin tahu peserta selama hampir 2 jam.

Berikut beberapa informasi penting yang bisa kita praktekkan dalam keseharian agar tampil sehat dan cantik:

  • Penting untuk cek alergi

Reaksi alergi itu bukan sekedar badan jadi gatal-gatal karena makan seafood atau jerawatan karena makan pedas. Reaksi alergi bisa muncul dalam bentuk kerontokan, bau mulut, lidah putih, kulit pecah, dan banyak lagi. Kalau punya budget ada bagusnya tes alergi yang terdiri dari 300 jenis pencetus alergi.

Banyak amat?

Eh jangan salah, satu menu seperti nasi goreng saja, itu bisa mengandung sekitar 20 jenis makanan pencetus alergi. Ada bawang merah, bawang putih, kecap, cabe, atau bahkan dari telur.

  • Hindari produk susu

Seperti pernah disampaikan dr. David dalam diskusi sebelumnya yang saya tulis di sini, usahakan hindari atau mengurangi produk susu. Susu sekarang itu berbeda dengan susu jaman dulu saat 1 sapi hanya menghasilkan 2 liter susu perhari. Kini sapi dituntut menghasilkan susu 20 liter/hari dengan suntikan obat, hormon pertumbuhan dan antibiotik. Berdasarkan sebuah penelitian, 40% produk susu yang beredar mengandung suntik hormon.

Tapi saya pengen gemuk. Gimana dong?

Ya olahraga dong, bukan minum susu. Pilih olahraga yang bersifat anabolik exercise (membangun otot), bukan yang katabolik exercise.

  • Perhatikan keseimbangan hormon

Hormon itu seperti manager yang mengatur fungsi tubuh optimal. Ada sejumlah hormon dalam tubuh kita.

Setiap orang memiliki sejumlah hormon yang sama, namun pada wanita hormon estrogen lebih dominan. Sedangkan pada pria hormon testoreron lebih dominan. Hormon estrogen mengatur siklus haid teratur.

Beruntunglah orang-orang yang kinerja hormonnya normal dan sehat. Duka nestapa orang yang mengalami gangguan hormon. “Minum air putih saja bisa naik 1 kg seminggu,” terang dr.David.

Anak perempuan idealnya mengalami menstruasi pada usia 12-14 tahun. Anak-anak yang menstruasi pada usia lebih dini cenderung mengalami menapouse lebih dini dibanding anak yang menstruasi pada usia di atas 12 tahun. Selain itu mereka cenderung mengalami kista, miom, dan masalah kesuburan lainnya.

Mengapa anak-anak ini begitu cepat akil baligh? Ini tidak lepas dari peran makanan yang banyak terpapar hormon pertumbuhan yang disuntikkan pada makanan seperti pada ayam negeri dan telur.

Hormon Testoteron yang tinggi biasanya terlihat dari bulu yang banyak. Bagi orang awam itu identik dengan libido yang tinggi. Padahal bisa jadi bulu yang banyak hanya merupakan penumpukan testoteron di permukaan kulit saja.

Libido tinggi tapi stamina rendah biasanya ada pada pria buncit.

Hormon testoteron ini juga mempengaruhi kemampuan ketepatan berpikir dan mengambil keputusan. Itu sebabnya kenapa para pemimpin kadar hormon testoreronnya harus tinggi. Jadi ada alasannya kenapa perempuan terkadang kurang cocok untuk menjadi pemimpin. Para pemimpin perempuan, akhirnya tubuhnya mengikuti dengan memproduksi hormon testoteron  yang cukup.

Hormon estrogen yang dominan pada tubuh perempuan, cenderung membuat mereka moody. Kalau ditanya pendapatnya, antara iya yang iya, dan iya yang nggak menjadi tidak jelas. Untuk kasus ini, biasanya para transgender yang mengalami masalah hormon yang sama, bisa lebih memahami daripada pria yang dominan hormon testoteronnya.

Pada wanita, hormon bergantung siklus haid. 7 hari menjelang haid, itu kulit lagi bagus-bagusnya.

“Good Skin & Good Body berasal dari Good Food,” kata dr. David.
  • Pilih KB generasi terbaru

Pilihlah KB dengan generasi terbaru. Generasi KB lama seperti KB suntik 1-3 bulan. KB jenis ini masih menggunakan unsur binatang yang dapat menimbulkan obesitas, flek pada wajah, bahkan kanker.

Sebenarnya KB terbaik adalah sistem kalender dan Vasektomi. Tapi karena saat ini pria masih lebih dominan, Vasektomi masih dipandang sebelah mata. Lebih mudah memaksa wanita untuk ber KB. Padahal sebenarnya vasektomi itu lebih efisien dan murah. Walau memang ada efek sampingnya yang buruk yaitu memberikan rasa tidak bersalah untuk kesana-kemari – maklum tak berjejak sekarang.

Vasektomi tidak mengganggu kesehatan, karena hanya memindahkan saluran. Sperma yang seharusnya dikeluarkan, diserap kembali oleh tubuh. Suatu saat ingin memiliki anak, salurannya bisa dibuka kembali. Berminat mencoba Bapak-bapak?

  • Buang ke laut makanan tepung-tepungan, gorengan dan gula

Catet ya, good skin & good body hanya bisa didapat dengan good food. Dan itu tidak harus selalu mahal.

“Kalau di warung padang, jangan ambil nasi, ayam, bihun, bala-bala, telor. Tepung lagi, tepung lagi, hanya beda bentuk. Cobalah untuk memilih nasi, ikan dan sayur,” saran Pak Dokter kelahiran 1978 ini.

Cari makanan yang bentuknya masih alami. Daging dan sayur. Jangan yang sudah tercampur dengan tepung seperti bala-bala dan teman-temannya.

Kembalilah pada makan sehat ala sunda seperti Pepes, Kukus, Rebus dan Lalab.

  • Cukup minum air putih

Kulit berminyak biasanya karena kurang air. Segeralah untuk banyak minum air putih.

  • Menjaga kebersihan kulit secara rutin

Rawat kulit dengan sabun, pelembab, dan nutrisi. Boleh menggunakan sabun dalam bentuk bar, foam, cleasing milk atau scrub. Ada scrub yang penggunaannya tiap hari ada yang harus jarang-jarang. Tergantung bahannya. Pilihlah sabun yang detergen free atau yang busanya sedikit. Mencuci wajah dengan sabun cukup sekali sehari sebelum tidur. Kalau mau kulit muka cantik, haram hukumnya tidur dengan wajah kotor. Pagi cukup dibilas dengan air hangat.

Sun block spf 30 itu artinya dipakai setiap 3 jam sekali. Spf 50 bisa dipakai sekitar 5 jam sekali atau pagi dan sore. Angka spf yang lebih rendah itu harus lebih sering pakainya.

Kalau pakai bahan whitening, janganlah berjemur.

Bagi yang berkerudung dan berpakaian tertutup, ada resiko kekurangan vitamin D. Karena sinar matahari pagi tidak menembus pakaian. Untuk itu perlu minum vitamin D3 untuk mencegah resiko osteoporosis.

Kolagen itu sumbernya sayuran, ikan, kikil. Kita butuh sekitar 6 gr/hari. Dari minuman kesehatan biasanya hanya tersedia 1000ml/hari.

Jangan lupa dan malas pakai pelembab.

Peserta Ngobrol Kece nyimak dengan serius. (sumber: Yasinyasintha.com)
Peserta Ngobrol Kece nyimak dengan serius. (Sumber: Yasinyasintha.com)
  • Get exercise

Olahraga yang baik untuk kekenyalan kulit adalah lari, aerobik atau bahkan sekedar loncat-loncat.

  • Sugesti diri untuk hidup sehat

Coba deh lakukan hynoterapi untuk mencintai makanan sehat. Sugesti diri sendiri disaat lagi cantik di pagi hari. “Saya suka hidup sehat dan saya bahagia.” 30x setiap hari. Nanti tahu-tahu kita jadi memiliki pola hidup yang lebih baik dan jadi tidak suka gorengan. Masa iya sih? Pengen nyoba ah…

Hormon itu dibentuk pada malam hari. Karena kebiasaan dr David sarapan pk 11.00 pagi karena memang belum lapar. Kalau dipaksakan sarapan bisa muntah. Sebelum tidur ia malah makan lengkap. Setiap tubuh punya karakter masing-masing. Ada orang yang di desain untuk makan pagi, ada yang tidak. Prinsipnya, makanlah saat lapar.

Kenapa kita mengantuk sehabis makan?  Itu hanya terjadi pada orang yang metabolismenya tidak baik. Salah satu tanda metabolisme tubuh tidak baik adalah ujung tangan/kaki sering dingin.

  • Puasa yang benar

Saya tidak tahu apa agama dr. David, tapi dokter ini kembali mengingatkan kita mengenai makna puasa yang sesungguhnya. Kita sering terkecoh dengan hadis “Berbukalah dengan yang manis.” Saat bulan Ramadan, kolak, minuman manis akan berjajar di meja. Akibatnya puasa bukan jadi sehat malah menjadi pasien diabetes.

“Kamu mau ikut aturan Nabi atau iklan tukang jualan kolak?” sindir dr. David.

Yang dicontohkan Nabi mengenai makan yang manis adalah 2 kurma yang besar atau 3 kurma yang kecil. Kurma adalah contoh karbohidrat kompleks yang unik. Kandungan gulanya rendah tapi seratnya tinggi. Setara dengan kurma adalah kismis. Sedangkan kolak atau makanan manis lainnya adalah contoh karbohidrat sederhana.

Puasa itu pada dasarnya untuk menurunkan kadar gula dalam darah, yang sering menjadi sumber penyakit banyak orang.

Kesimpulannya, kecantikan hanya bisa dicapai dengan pola hidup sehat. Tidak ada cara lain. Dan DF Clinic akan mencoba membantu kita.

DF Clinic

Kalau dokternya model begini, kayanya saya mulai penasaran juga nih sama yang namanya DF Clinic. Saya suka dengan konsep Doctor First yang menjadi nama klinik ini, dan Treatment next. Ternyata prakteknya di Jl. Leumah Neundeut no. 10 Setrasari. Kalau dari Google street kita bisa lihat bangunan eye catching dengan accent merah tidak jauh dari Kompleks Ruko Setrasari.

Dari website resminya, perawatan mereka benar-benar holistik. Dari urusan treatment wajah, rambut, badan, anti aging, medical spa (ada untuk baby juga loh) , gigi, sampai ke masalah psikologis dan mental kita. Lengkap dengan sejumlah dokter yang telah memiliki sertifikat dalam bidang kecantikan. Mantap sekali lah.

Nanti ceritanya kita lanjutkan setelah saya dapat perawatan dari DF Clinic ya.

Peserta Ngobrol Kece
Peserta Ngobrol Kece. Sumber: Keponih.com

Sumber bacaan lain tentang acara ini bisa dilihat di:

Blognya Raisa Hakim http://www.raisahakim.com/2016/03/sehat-adalah-gaya-hidup-yang-kekinan.html

Blognya Sri Al Hidayati http://srialhidayati.blogspot.co.id/2016/03/5-solusi-masalah-kecantikan-dan.html

Blognya Rani Yulianty http://raniyulianty.com/blog/sistem-perawatan-antiaging-ala-dr-david-di-acara-ngobrol-kece-body-aesthetic-dan-kesehatan-tubuh/

(1500 kata)

Shanty Dewi Arifin

Penulis yang suka berbagi Pengalaman dan Oleh-oleh dalam rangka belajar menjadi perempuan yang lebih baik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakatnya. Bergabung dengan komunitas: Blogger - Institut Ibu Profesional Bandung - Arsitektur ITB 93 - IATSS Forum 2003 - Akademi Menulis 5 Menara - #ODOPfor99days.

8 thoughts on “Oleh-oleh Ngobrol Kece bersama dr. David DF Clinic

  • March 24, 2016 at 4:58 pm
    Permalink

    Mantap teh Shan,
    daku mulai buntu kalau ngomongnya uda masuk ke ranah medis.
    Alhasil kazao balao dweeh….tulisanku.

    *huaahuuaa…

    Kemarin langsung cabut, teh…?
    Aku cari-cari pulangnya buat fotbar alias foto bareng…haahaa…

    Reply
    • March 28, 2016 at 10:05 pm
      Permalink

      Iya saya juga nyari-nyari Lendy. Tapi harus langsung pulang, ngejar Sasya pulang jam 12.

      Reply
  • March 24, 2016 at 10:36 pm
    Permalink

    hmm..jadi emang begitu ya kalo blogger bicara pola hidup sehat, ga dipercaya ya teh ..
    tapi kalo dokter kece yg ngemenk langsung pada olohok hihiii.

    Reply
    • March 28, 2016 at 10:01 pm
      Permalink

      Ha…ha… Tapi percaya juga kalau yang ngomong orang cantik kaya Nchie Hanie dan Efi. Makanya link blognya langsung di sebar.

      Reply
  • March 25, 2016 at 7:04 pm
    Permalink

    Lengkaaappp kap kap banget teeeh..
    Kemarin aku dateng lhooo.. tapi cuma 10 menit abis itu ahza minta makan. Huaa.. padahal selalu pengen tau info2 menarik dari dr. David yang selalu mencerahkan..
    Makasih sharenya teh ^_^

    Reply
    • March 28, 2016 at 10:00 pm
      Permalink

      Ya…padahal pengen ketemu Dessy.

      Reply
  • March 26, 2016 at 10:42 am
    Permalink

    Banyak ilmu kesehatan & kecantikan dari acara ini. Benar2 ngobrol kece ya :).

    Reply
  • March 28, 2016 at 5:03 am
    Permalink

    Iya ya, kenapa selalu harus wanita yang merasakan risiko ber-KB? Di sisi lain kalau prianya yang menjalani tetap aja bisa bikin khawatir. Ngomogin soal Olahraga, aku belum ngejalanin, nih. DAn kalau makan buah-buahan suka ada tuh tukang buah yang ngasih nuah yang udah dipotong pake pemanis sintetis. -_-

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: