BKOM Bandung, Solusi Bugar di Bandung Selatan

Coba ngacung siapa yang rutin olahraga setidaknya 3x seminggu.

Kalau saya sih pada dasarnya bukan orang yang hobi olahraga. Olahraga buat saya sebatas membakar kalori dengan main sama anak-anak, cuci piring, ngepel, atau nyetrika. Tahu sih olahraga itu penting. Tapi entah kenapa kok alasannya banyak banget. Pernah alasannya karena tidak punya sepatu olahraga. Setelah punya sepatu olahraga, muncul alasan baru yaitu musim hujan. Tipis batasnya antara takut sepatu olahraga baru kotor atau memang malas bergerak. Di musim kemarau alasan yang muncul adalah banyak kerjaan. Dan akhirnya niat olahraga hanya tinggal cita-cita yang tidak pernah terwujud.

Front Office BKOM

Hingga suatu saat di bulan September 2015 seorang teman mengajak ke BKOM Bandung di Jl. Kawaluyaan no 45 Bandung. Hanya 15 menit berjalan kaki dari rumah.

BKOM – Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat Bandung adalah Unit Pelaksana Teknis dari Kementrian Kesehatan RI yang menyelenggarakan upaya kesehatan olahraga strata dua untuk mengatasi kesehatan masyarakat di bidang kesehatan olahraga secara menyeluruh dan terpadu.

Bahasa sederhananya, tempat olahraga masyarakat dengan harga terjangkau. Niat mereka sih mulia. BKOM akan membantu masyarakat menjadi sehat, bugar, berkualitas, produktif dengan olahraga yang Baik, Benar, Teratur, dan Terukur. Benar-benar cocok dengan kebutuhan saya.

Fitness Center BKOM

Kesan pertama BKOM memang begitu menggoda. Ruang fitnessnya cukup nyaman dan lengkap. Rasanya pengen buru-buru bertreadmill di sana. Ruang ganti dan kamar mandinya kinclong. Instruktur dan pegawai di sana ramah melayani dan murah senyum. Sampai satpamnya saja ramah loh. Kalau model begini, mau atuh lah saya olahraga.

Boleh langsung mulai?

Ternyata tidak. Disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi tubuh kita dan porsi olahraga yang tepat. Untuk pemeriksaan kesehatan ada 4 paket yang ditawarkan sesuai kemampuan kita.

Paket Pemeriksaan Kebugaran  BKOM Bandung

Fitness Center BKOM

Per 23 Februari 2016, BKOM mengeluarkan paket pemeriksaan kebugaran sebagai berikut:

Paket Bronze II seharga Rp 90.000,-. Terdiri dari Pemeriksaan Fisik, Indeks Massa Tubuh, Skinfold Calliper, Handgrip, Fleksibilitas, Rockport test, dan Konsultasi Dokter Umum.

Paket Bronze I seharga Rp 95.000,-. Sama seperti Paket Bronze II, hanya Rockport test diganti dengan Step test.

Paket Silver seharga Rp 180.000,-. Sama seperti Paket Bronze II dengan tambahan EKG, Back-Leg Dynamometer, Fleksibilitas, Ergocycle (sepeda), dan Konsultasi Dokter Spesialis

Paket Gold seharga Rp 320.000,-. Sama seperti Paket Silver hanya Ergocycle diganti dengan Treadmill.

Fitness Center BKOM

Mau pilih yang mana? Asli bingung. Disarankan untuk yang usia diatas 40 tahun memilih paket Silver atau Gold.

Setelah disesuaikan dengan kemampuan kantong, akhirnya saya memilih Paket Silver. Sssttt ini sebenarnya hadiah ulang tahun ke-40 dari suami yang ingin istrinya sehat, bugar, dan cantik.

Perlu waktu sekitar 1 jam untuk melakukan pemeriksaan dan hasilnya dijelaskan oleh Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga. Kita akan diberikan resep porsi olahraga yang sesuai untuk tubuh. Resep ini kemudian kita berikan kepada intruktur olahraga supaya bisa memandu kita berolahraga di BKOM.

Orang yang kebutuhan tubuhnya menghancurkan lemak, tentu beda otot yang dilatihnya dengan orang yang ingin menambah porsi lemak ditubuhnya. Orang yang punya riwayat jantung, tentu beda pilihan gerakannya dengan anak muda yang segar bugar.

Idealnya pemeriksaan kesehatan ini dilakukan rutin setiap 3 – 6 bulan sekali. Tujuannya agar kebugaran tubuh kita jadi terpantau.

Fitness Center BKOM

Biaya dan Waktu Latihan BKOM Bandung

Kelas Aerobik BKOM
Kelas Aerobik setiap Selasa dan Kamis bersama Teh Siti dan Hendra.

Untuk mulai menikmati fasilitas olahraga di BKOM sebenarnya ada 2 pilihan. Perkali datang biayanya Rp 20.000,-. Cocok nih, buat yang ingin coba dan lihat suasana dulu.

Buat yang jatuh cinta pada pandangan pertama, bisa langsung ikut member bulanan. Dengan Rp 100.000,-/bulan kita bisa bebas menggunakan fasilitas Fitness Center sepanjang Senin – Jumat dari pukul 8.00 WIB – 20.00 WIB.

Selain Fitness Center, BKOM juga menyediakan paket Yoga dan Aerobik. Masih dengan harga Rp 100.000,-/bulan kita akan dipandu untuk ber-Yoga 2x seminggu dan Aerobik 2x seminggu. Yoga dilaksanakan setiap Rabu pk 9.00 – 10.30 WIB dan Jumat pk 8.00 – 9.30 WIB.

Kalau mau yang free, setiap Jumat pagi pk 7.00 – 8.00 WIB kita bisa senam bersama di halaman depan BKOM.

Kelas Yoga BKOM
Kelas Yoga BKOM

Ada 6 orang Instruktur olahraga di BKOM, lulusan S1 dari Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia (tadinya IKIP Bandung). Jadi Insya Allah, mereka ada ilmunya dalam membantu kita berolahraga yang baik dan benar.

Selain instruktur olahraga, di BKOM Bandung juga kita bisa menemukan tenaga ahli lainnya seperti Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, Ahli Faal Olahraga, Dokter Umum, Sarjana Keperawatan, Ahli Gizi, sampai Manajemen Kesehatan.

Depi BKOM
Kelas Yoga bersama Depi setiap Rabu dan Jumat

Kok serius banget ya? Tapi memang pelayanan mereka lengkap sih. Jadi bukan hanya sekedar tempat fitness center biasa.

Ruang lingkup pelayanan BKOM Bandung meliputi pelayanan Promotif, Preventif, Kuratif dan Rehabilitatif untuk Dewasa, Anak, Remaja, Bayi & Balita, Ibu Hamil, Atlet & Calon Atlet, Jamaah Haji, Lansia, hingga Kalangan Berkebutuhan Khusus.

Pelayanan BKOM Bandung

Sirsasana Yoga
Sirsasana wannabe di kelas Yoga. Pokoknya gaya dulu dan terdokumentasi.
  • Konsultasi Medis
  • Konsultasi Kesehatan Olahraga
  • Olahraga Peningkat Kebugaran
  • Olahraga Penurun Kegemukan
  • Olahraga Pembentukan Tubuh
  • Olahraga bagi Penderita Jantung, Pasca Stroke, Diabetes dan Penyakit Tidak Menular lainnya
  • Takaran Latihan bagi Atlet
  • Talent Scouting
  • Konsultasi Gizi Olahraga
  • Tes Kemampuan Jantung-Paru (tes dengan Ergocycle, Bangku, Treadmill, Lapangan)
  • Tes Kemampuan Otot (Kekuatan Otot, Daya ledak otok, Daya tahan otot)
Postur Gagak Kakasana
Teh Kim dengan Postur Gagak Kakasana
  • Tes Kelenturan/Fleksibilitas Otot
  • Pemeriksaan Komposisi Tubuh (Total Body Fat, Fat Analizer, Skin Fold Calliper)
  • Tes Anaerobik (Conconi)
  • Anthopometri (Tes Kebugaran Haji, Pemeriksaan Lab Sederhana, Pelatihan Kesehatan Olahraga, Penelitian)

Lengkap banget kan ya? Salut sama Kementrian Kesehatan RI yang memiliki UPT seperti ini di Bandung. The one and only di Indonesia loh. Di kota lain BKOM biasanya berada di bawah Pemerintah Daerah.

Let’s Exercise

Cek Tensi BKOM
Di catat dulu Tensi dan Detak jantung.

Berhubung kita berada di rumahnya ahli olahraga, ada prosedur rutin yang harus dilakukan sebelum memulai olahraga harian. Ternyata nggak boleh norak langsung pengen icip-icip rasanya berada diatas treadmill.

Begitu tiba, kita bisa meminjam kunci loker untuk menyimpan barang. Setelah itu kita harus memeriksakan tensi dan denyut nadi sebelum latihan. Kemudian diminta melakukan pemanasan berupa peregangan otot. Ada panduan yang bisa diikuti. Baru setelah itu kita akan dipandu oleh instruktur untuk melakukan sejumlah gerakan.

Biasanya saya diberi petunjuk untuk melakukan satu gerakan pada 3 alat berbeda sebanyak 10-12 hitungan. Kemudian diminta mengulangnya sebanyak 3 kali. Dalam sehari untuk durasi sekitar 1,5 jam latihan, tanpa terasa kita telah melatih seluruh otot.

Stretching BKOM
Jangan lupa peregangan sebelum dan setelah olahraga ya.

Awalnya memang pegal-pegal, tapi selanjutnya nagih. Jadi nggak enak kalau nggak setor muka eh olahraga ke BKOM. Hebat nggak sih?

Buat orang yang pada dasarnya pemalas olahraga, memang terasa sekali bedanya olahraga dan tidak olahraga. Biasanya saya gampang mengantuk sepanjang hari. Bawaannya pengen baringan atau malas-malasan saja. Setelah olahraga rutin, rasanya badan menjadi lebih bugar. Waktu tidur menjadi lebih efektif karena bisa lebih pulas. Otomatis waktu bangun pun menjadi lebih produktif untuk melakukan banyak hal.

Terima kasih buat BKOM Bandung yang telah membuat olahraga menjadi terlihat tidak terlalu sulit lagi. Semoga semakin banyak orang yang merasakan manfaat BKOM Bandung.

Info mengenai BKOM Bandung bisa dilihat di Facebook BKOM Bandung dan Twitter Move for Health @BKOM_Bandung. Atau melalui nomor telepon 022-7071 5303 / 022-8779 3075.

Daftar Hadir Kelas Yoga BKOM Februari 2016
Daftar Hadir Kelas Yoga BKOM Februari 2016. (Photo by Pak Guru Depi Itong)
Gift for member BKOM
Buat member yang rajin dan sholeh kaya saya, ada hadiah loh.

Sumber:

Foto-foto dokumentasi pribadi dan Depi Itong, Brosur BKOM.

Shanty Dewi Arifin

Penulis yang suka berbagi Pengalaman dan Oleh-oleh dalam rangka belajar menjadi perempuan yang lebih baik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakatnya. Bergabung dengan komunitas: Blogger - Institut Ibu Profesional Bandung - Arsitektur ITB 93 - IATSS Forum 2003 - Akademi Menulis 5 Menara - #ODOPfor99days.

18 thoughts on “BKOM Bandung, Solusi Bugar di Bandung Selatan

  • March 17, 2016 at 5:02 am
    Permalink

    Hwaaa mau… Dkt jg dr rmh saya, tp klo pake angkot sih muter2 🙁
    Klo dr soeha, sama perpusda jauhan mana?

    Reply
    • March 17, 2016 at 6:41 am
      Permalink

      Sama lah kayanya dengan jarak ke Bapusibda. Kalau Bapusibda lurus, BKOM belok kiri. Ditunggu di BKOM Nathalia.

      Reply
  • March 17, 2016 at 7:35 am
    Permalink

    Ini murah deh. Aku rutin ikut pilates 2 kali seminggu biayanya 380ribu

    Reply
    • March 28, 2016 at 10:14 pm
      Permalink

      Wow biaya yang mantab buat kepengen sehat ya De.

      Reply
  • April 20, 2016 at 8:27 am
    Permalink

    BKOM tutup sampai jam berapa ?

    Reply
    • April 23, 2016 at 8:16 am
      Permalink

      Jam 8 malam. Bisa datang abis magrib untuk fitness.

      Reply
  • August 23, 2016 at 1:29 pm
    Permalink

    wah…teh Shanty nuhun sudah direview, jadi kebita nyobain deh…
    Kalau free pengen kesana deh 🙂

    Reply
  • December 12, 2016 at 3:45 pm
    Permalink

    Kalo yg pngn ikut kelas aerobic dan yoga ada yg malem ga ? Soalnya krja smp jam 4 sore ..hiks

    Reply
    • December 13, 2016 at 9:16 pm
      Permalink

      Setahu saya nggak ada malam. Coba ditelpon saja untuk lebih jelasnya.

      Reply
  • January 19, 2017 at 2:32 pm
    Permalink

    wah dkt ini dr rumah,tp sayangnya kalo senam / yoga g ada kelas malam ya? kalo sabtu ada jadwalnya ga?

    Reply
  • January 23, 2017 at 7:14 pm
    Permalink

    Kalau untuk menurunkan berat badan ,olahraga apa terus biaya nya berapa ? Pasti mahal deh ya

    Reply
    • January 23, 2017 at 7:42 pm
      Permalink

      Coba datang ke BKOM Bandung, biar dijelaskan dengan lebih lengkap. BKOM harganya terjangkau kok.

      Reply
  • February 23, 2017 at 8:29 am
    Permalink

    Aku belum pernah dateng kesana.. trs klo pertama bgt dtg kesana wajib ngelakuin pemeriksaan kesehatan itu? Apa bisa langsung olahraga fitness dgn cara bayar 20rb?

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: