Lulu Smart Bag, Solusi anti mati gaya buat anak kreatif

Coba ngacung siapa yang sering terpesona (baca: iri) melihat foto-foto aktivitas kreatif anak-anak yang wara-wiri di sosmed. Kok ya ada aja idenya barang sederhana seperti kancing, stick es krim sampai sedotan, bisa jadi mainan seru buat anak.

button ice cream stick straw fish

Sasya dan Raka kalau diperlihatkan gambar-gambar seperti ini langsung semangat pengen buat. Dan si Mama yang jadi ‘ketempuhan’ harus menyediakan segala bahannya.  Mending kalau sabar menunggu waktunya pas ke toko. Ini seringnya maksa. Harus ada sekarang barangnya! Repot deh jadinya.

Sampai saya ketemu yang namanya Lulu Smart Bag, kreasinya si Mama Kreatif Nisa ‘Nca’ Nurarifah. Bermula dari hobi bermain sensory play bersama putri semata wayangnya Lulu, yang kini berusia 3 tahun, Nca berusaha membantu para mama repot seperti saya.

Dalam Lulu Smart Bag, ada 30 pernak-pernik yang bisa dipakai untuk kreativitas anak-anak.

Iya serius 30!!! Lumayan lah stock buat 30 hari anak bermain. Nggak pake repot lagi mamanya.

my Lulu Smart Bag
Sasya & Raka’s Lulu Smart Bag

Ini nih daftarnya:

  1. Bola-bola pompom aneka warna
  2. Waterbeads, yang kalau direndam jadi bola-bola kecil seperti kelereng
  3. Paper Clip besar
  4. Push pin
  5. Pipecleaner
  6. Flannel aneka bentuk dan warna
  7. Sedotan
  8. 3 warna dasar Pewarna makanan
  9. Garpu buah
  10. Stick es krim aneka warna
  11. Balon
  12. Manik-manik permen
  13. Karet aneka warna
  14. Pinset
  15. Tali warna-warni
  16. Kancing
  17. Kuas lukis
  18. Figurine binatang yang bisa lukis
  19. Cat lukis
  20. Kelereng
  21. Batu halus
  22. Kerikil
  23. Pasir
  24. Sponge
  25. Stereofoam
  26. Kapur tulis
  27. Tusuk gigi
  28. Jepitan jemuran
  29. Pita button snake
  30. Sumpit

Lengkap apa lengkap coba? Kebayang repot amat, kalau kita harus keliling mencicil beli satu-satu-satu pernak-pernik ini. Salut banget sama idenya.

Raka dan Sasya sih lumayan anteng di kasih Lulu Smart Bag. Raka yang sudah 8 tahun bahkan mau beli sendiri dan nggak mau berbagi dengan Sasya.

 

Sensory Play dengan Lulu Smart Bag

Sebenarnya Lulu Smart Bag dibuat untuk anak-anak usia 1,5 – 5 tahun bermain kegiatan yang menstimulasi  5 indra mereka. Anak-anak jadi dapat belajar melalui penglihatan (mata), pendengaran (telinga), penciuman (hidung), perabaan (kulit), dan pengecapan (lidah).

Activity LSB (4)

Kalau pada bingung cara memanfaatkan barang-barang diatas, Nca memberikan Smart Guide Book yang berisi sejumlah aktivitas yang bisa kita lakukan bersama anak. Kalau anaknya usia 5 tahun ke atas seperti Sasya, bisa kreatif sendiri menggunakan bahan-bahan tersebut. Hasilnya luar biasa loh.

LSB Guide Book
Lulu Smart Bag Guide Book

 

Socio-Edupreneurship

Ibu Ketua Komunitas Institut Ibu Profesional (IIP) Bandung  yang juga istri dari Ahmad Zaqi ini kok sempat-sempatnya ya jualan?  Lah kita ngumpulin untuk satu anak aja malasnya minta ampun. Ternyata rahasianya ada di siapa yang membantu menyiapkan pernak-pernik. Coba kita ngintip behind the scene-nya Lulu Smart Bag.

LSB Team (1) LSB Team (3)

Siapa mereka?

Ternyata ini adalah anak-anak dhuafa yang menjadi teman Nca di Taman Prestasi Tegallega, tempatnya aktif berbagi sejak 2009. Anak-anak ini diberdayakan dalam proses produksi dan packaging. Lumayan untuk menambah penghasilan dan pengalaman mereka.

Figurine Painting yang terdapat dalam Lulu Smart Bag adalah kreasi Pak Cece yang biasa menjajakan dagangannya di emperan Tegallega. Cerita Nca, si Bapak selalu terbinar-binar jika mendapat banyak pesanan dari Lulu Smart Bag.

Lulu Smart Bag dalam kemasan sekarang yang lebih kinclong, sebenarnya baru dipasarkan pada awal tahun ini. Tapi penjualannya sudah mencapai ratusan tas. Lulu Smart Bag bahkan di apresiasi oleh Dekranasda (Dewan Kerajinan Daerah) Jawa Barat dan mendapatkan porsi display dalam launching Jawa Barat Craft Center (JCC). Keprok-keprok lah buat Lulu Smart Bag.

Pengen punya Lulu Smart Bag?

Buat yang pengen nanya-nanya, perlu Lulu Smart Bag, atau berminat jadi reseller, JANGAN ke saya ya. Saya sibuk menulis.

Langsung saja melalui WA Nisa Nur’arifah di 0857 2140 2782 atau Pin BB 53E50BEF. Atau melalui inbox Facebook Nisa Nur’arifah.

Sebagai penutup, saya jadi ingat kata-kata Nca dalam salah satu status FBnya:

Yang terpenting bukan sekeren apa MAINAN yang kita berikan, namun sebanyak apa WAKTU yang bisa kita curahkan untuk bermain bersamanya. Karena WAKTU adalah hal yang paling berharga dan tidak akan bisa kembali.

Semoga bermanfaat dan selamat bermain!

“Tulisan ini diikutkan dalam Giveaway Semua Tentang Wirausaha yang diselenggarakan oleh Suzie Icus dan Siswa Wirausaha”

 

***

Sumber foto & data:

Koleksi pribadi, Facebook Nisa Nurarifah & foto-foto aktivitas anak di Google.

 

Shanty Dewi Arifin

Penulis yang suka berbagi Pengalaman dan Oleh-oleh dalam rangka belajar menjadi perempuan yang lebih baik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakatnya. Bergabung dengan komunitas: Blogger - Institut Ibu Profesional Bandung - Arsitektur ITB 93 - IATSS Forum 2003 - Akademi Menulis 5 Menara - #ODOPfor99days.

2 thoughts on “Lulu Smart Bag, Solusi anti mati gaya buat anak kreatif

  • April 5, 2016 at 1:01 am
    Permalink

    keren nih.. jadi pengen beliin buat baby
    makasih ya mb shanty udah ikutan GA nya:)

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: