Nutrisi untuk Tumbuh Kembang Optimal bersama dr. Siti Nur Fatimah SpGK

Materi kedua mengenai Nutrisi untuk Tumbuh Kembang Optimal ini dibuka dr. Siti Nur Fatimah dengan mengingatkan kembali mengenai perbedaan antara Pertumbuhan dan Perkembangan. Jika pada materi pertama bersama dr. Yovi kita lebih banyak bicara mengenai perkembangan anak yang sifatnya kualitatif meningkatnya kemampuan dan fungsi organ karena pertumbuhan dan kematangan sel, maka kini kita akan membahas mengenai pertumbuhan anak yang bersifat kuantitatif peningkatan ukuran fisik anak karena bertambahnya jumlah dan volume sel.

Pola makan mempengaruhi pertumbuhan

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan adalah pola makan, penyakit, dan aktivitas fisik.

Kecenderungannya anak menyerap budaya makan keluarga. Jika keluarga sukanya seblak, anaknya akan suka seblak juga. Keluarga biasa makan jajanan, anaknya juga akan hobi jajan. Untuk itu perlu untuk membentuk kebiasaan makan sehat dalam keluarga sejak dini.

Grafik pertumbuhan anak
Grafik pertumbuhan anak

Berdasarkan grafik diatas, masa rawan pertumbuhan anak adalah di 2 tahun pertama kehidupannya. Sedangkan optimalisasi pertumbuhan anak adalah di masa awal remaja. Untuk anak perempuan saat masa sebelum menstruasi. Jadi, jika ingin anak tumbuh dengan badan yang tinggi dan proporsional, perhatikanlah asupan nutrisinya pada masa ini. Genetik hanya memberi pengaruh 10% saja kok.

Pola makan yang tidak sehat seperti rendah protein dan serat, rendah vitamin dan mineral, namun tinggi karbohidrat, lemak jenuh dan garam menyebabkan tingginya resiko pertumbuhan anak yang tidak optimal dan memiliki imunitas yang rendah (gampang sakit).

Anak Indonesia saat ini cenderung lebih tidak aktif secara fisik. Anak-anak lebih suka bermain game daripada beraktifitas di luar ruangan. Ini mempengaruhi pertumbuhan fisik anak karena hormon pertumbuhannya tidak optimal. Perlu diingat bahwa aktifitas fisik haruslah bersifat menyenangkan buat anak.

Makanan dibutuhkan tubuh untuk melakukan regenerasi dan perbaikan sel. Kulit membutuhkan waktu 21 hari, sedangkan darah 1 bulan.

Anak perlu dilatih dengan rasa hambar terlebih dulu. Kalau rasa enak dan gurih, itu tidak perlu dilatih, nanti juga bisa sendiri. Asupan nutrisi buat anak sebaiknya setiap 3 jam sekali saat ia bangun.

siti nur fatimah
dr. Siti Nur Fatimah SpGK

Sarapan itu sangat penting. “Jangan sampai ada alasan Mama lagi sibuk nge-blow rambut, jadi nggak sempat buat sarapan,” kata dr. Siti. Tidak sarapan membuat kita kelaparan sepanjang hari dan cenderung jajan sembarangan. Berdasarkan sebuah penelitian ditemukan bahwa jajanan kaki lima menyumbang asupan energi bagi anak sekolah sebanyak 36%, Protein 29% dan Zat besi 52%. Padahal banyak makanan tersebut yang mengandung bahan berbahaya.

Tubuh ini cukup pintar, mana yang mengancam kelangsungan hidup itu yang didahulukan. Ketika lapar, protein yang semestinya untuk sistem imun (kekebalan tubuh) jadi terpakai untuk sumber tenaga. Ini menyebabkan penggunaan protein menjadi lebih boros, jika dibandingkan dengan karbohidrat yang diubah menjadi sumber tenaga. Bisa jadi ini rahasianya kenapa kita ngemil aja nggak kenyang-kenyang dan malah bikin badan montok. Padahal makan saja sepiring nasi dan berhentilah ngemil kalau mau menurunkan berat badan.

kecukupan zat gizi anak (1)
Kecukupan zat gizi harian anak usia Sekolah Dasar

Fungsi zat gizi

Karbohidrat

Berfungsi sebagai bahan bakar dan nutrisi, cadangan energi dan materi pembangun. Karbohidrat terdapat dalam padi-padian (gandum dan beras), umbi-umbian (kentang, singkong, ubi jalar), dan gula yang terdapat dalam buah-buahan.

Ada 2 jenis karbohidrat, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana yang sering dituduh sebagai penyebab kegemukan contohnya nasi, roti putih dan mie. Sedangkan karbohidrat kompleks yang baik bagi tubuh adalah roti gandum utuh, kacang-kacangan, oatmeal, sayuran mentah dan ubi manis.

Protein

Berfungsi sebagai sumber energi; pembentukan dan perbaikan sel dan jaringan; sebagai sintesis hormon, enzim dan antibodi; pengatur keseimbangan kadar asam basa dalam sel; dan cadangan makanan. Protein terdapat dalam daging, ikan, telur, susu, tumbuhan berbiji (tahu, tempe, oncom). “Kandungan kalsium teri basah lebih tinggi daripada susu,” jelas dr. Siti.

Lemak

berfungsi sebagai cadangan energi, pelarut vitamin tertentu, penahan goncangan dan melindungi organ vital tubuh dari suhu, sarana sirkulasi energi dalam tubuh dan komponen utama yang membentuk membran sel. Lemak sehat terdapat dalam minyak nabati dan kacang-kacangan.

Vitamin

Walau jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh, vitamin tetap diperlukan untuk menjamin metabolisme tubuh berlangsung sempurna. Vitamin bisa didapat dari sayuran dan buah-buahan.

Air

Air diperlukan tubuh sekitar 2 liter/hari atau 8 gelas. Perhatikan juga kadar gula dalam setiap minuman kemasan.

piramida_makanan (1)
Piramida makanan

13 Pedoman umum gizi seimbang

  1. Makanlah aneka macam makanan
  2. Makanlah makanan untuk memenuhi kecukupan energi
  3. Makanlah makanan sumber karbohidrat setengah dari kebutuhan energi
  4. Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kecukupan gizi
  5. Gunakan garam beryodium
  6. Makanlah makanan sumber zat besi
  7. Berikan ASI saja pada bayi sampai usia 6 bulan
  8. Biasakan makan pagi
  9. Minumlah air bersih, aman dan cukup
  10. Lakukan kegiatan fisik dan olahraga teratur
  11. Hindari minuman beralkohol
  12. Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan
  13. Bacalah label makanan yang dikemas
Piring makan sehat
Porsi makanan sehat

Ingat bahwa makanan enak itu hanya enak dimulut, ditelan jadi masalah.

Food Combaining & Suplemen

Ada pertanyaan menarik mengenai Food Combaining. Apakah cara makan yang dipisah-pisah dalam FC menjamin kecukupan gizi?

Menurut dr. Siti, dalam konsep gizi makanan itu harus lengkap, tapi mereka tidak apriori terhadap Food Combining selama pelakunya sehat. Sebenarnya makanan itu jarang sekali ada yang benar-bener murni karbohidrat, protein, atau lemak. Semuanya campur-campur dalam porsi tertentu. Food Combining tidak disarankan dilakukan pada masa tumbuh kembang anak atau tengah menderita sakit kronis.

Bagaimana dengan suplemen sayuran dalam bentuk kapsul untuk anak-anak?

Boleh saja, tapi mungkin hanya insidentil dalam kasus khusus. Sebaiknya ibunya kreatif mengolah sayuran agar menarik buat anak. Serat tetap diperlukan anak untuk memperlancar pengeluaran kotoran dari dalam tubuh. Sekedar informasi, usus manusia itu panjangnya 6m. Bahkan jika dibentangkan, luasnya bisa mencapai ukuran lapangan bola. Kotoran harus segera keluar dari tubuh untuk menjamin usus bersih dan sehat. Jika ingin minum suplemen serat, jangan lupa minum air yang cukup untuk mencegah suplemen mengendap di usus dan malah menimbulkan penyakit.

Demikianlah penjelasan menarik dr. Siti Nur Fatimah dalam Seminar Menjadi Ibu Bijak yang mengingatkan kita kembali pada pentingnya Nutrisi bagi tubuh kita. Semoga kita diberi kekuatan dan kesabaran dalam mempratekkannya dalam keseharian. You are what you eat right?

Nutrisi untuk tumbuh kembang optimal anak

Shanty Dewi Arifin

Penulis yang suka berbagi Pengalaman dan Oleh-oleh dalam rangka belajar menjadi perempuan yang lebih baik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakatnya. Bergabung dengan komunitas: Blogger - Institut Ibu Profesional Bandung - Arsitektur ITB 93 - IATSS Forum 2003 - Akademi Menulis 5 Menara - #ODOPfor99days.

Leave a Reply

%d bloggers like this: