The Beginning

Bismillahirrahmanirrahim,

Tahun baru – semangat baru – rencana baru. Setelah 2 tahun belajar menulis di blog www.shantybelajarmenulis.blogspot.co.id, tahun ini rencananya ada peningkatan kualitas belajar. Kalau sebelumnya asal menulis kapan saja mau, sekarang niatnya harus rutin setiap hari. Tidak masalah isinya seperti apa, yang penting menulis bisa menjadi rutinitas seperti makan dan tidur. Karena kalau nulisnya Senin – Kamis, kapan beresnya?

Ya anggap sajalah kini saya sudah resmi kerja kantoran secara profesional. Tugasnya menulis 1 postingan setiap hari dari Senin – Jumat. Nama Perusahaannya www.shantystory.wordpress.com. Alamat kantornya di rumah. Alhamdulillah dapat  ruang kerja yang nyaman dengan sebuah meja kerja yang terletak antara pintu samping dan dapur, tepat di samping ruang keluarga. Jam kerja resminya 1 jam sebelum subuh dan boleh lembur jika pekerjaan belum selesai dari jam 8 sampai jam 10 pagi. Gajinya masih standar karyawan magang, alias sekedar uang transport – yang sebenarnya 0 rupiah. Tapi boleh bebas nge-teh atau ngopi. Katanya sih akan ada gaji yang menggiurkan jika saya bisa resmi diangkat jadi penulis beneran.

Job description-nya menulis postingan yang berbeda setiap hari.

  • Senin adalah My Story, tentang segala rupa perenungan dari kejadian sehari-hari.
  • Selasa adalah waktunya belajar dari para maestro menulis.
  • Rabu adalah tulisan yang berhubungan dengan parenting, pendidikan dan keluarga.
  • Kamis waktunya untuk review buku dan film, selang seling setiap minggu.
  • Jumat adalah tulisan-tulisan wisdom yang begitu berkesan.

Oh iya, di kantor juga ada larangan buka sosmed selama jam kerja. Katanya agar tidak mengganggu konsentrasi. Sosmed boleh dibuka untuk menyetor tulisan setelah selesai.

Sabtu dan Minggu boleh libur untuk bisa bersantai dengan keluarga, baca-baca atau sekedar merevisi tulisan. Lumayan lah buat recharge the battery atau sekedar mengasah gergaji biar tidak tumpul kalau kata Om Steven Covey.

Senangnya, saya punya banyak teman yang bergabung di grup One Day One Post for #99days. Selama 20 minggu dari Senin, 4 Januari 2016 hingga Kamis, 19 Mei 2016 kami akan bersama-sama berusaha melatih kebiasaan menulis setiap hari. Mudah-mudahan keberadaan teman-teman bisa jadi penyemangat untuk melalui masa-masa magang ini. Semoga kita semua bisa diterima jadi penulis beneran. Amin.

(300 kata)

Shanty Dewi Arifin

Penulis yang suka berbagi Pengalaman dan Oleh-oleh dalam rangka belajar menjadi perempuan yang lebih baik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakatnya. Bergabung dengan komunitas: Blogger - Institut Ibu Profesional Bandung - Arsitektur ITB 93 - IATSS Forum 2003 - Akademi Menulis 5 Menara - #ODOPfor99days.

Leave a Reply

%d bloggers like this: